Find Us On Social Media :

Kenali Titik Pijat Akupresur Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Ternyata Cukup Pijat di Area Ini

Daya tahan tubuh lemah dapat ditingkitkan dengan pijat akupresur.

GridHEALTH.id - Ada banyak titik akupresur yang sesuai dengan meridian di tubuh kita dan mereka dirancang untuk membantu kita menyembuhkan secara alami dan menjaga agar saluran energi tetap bergerak sehingga Qi Anda (diucapkan Chee) tetap terbuka, jernih, dan seimbang.

Titik pijat akupresur juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dengan memijat di area-area tertentu.

Master of Traditional Chinese Medicine, Cherron Dow-Chacon, yang berpraktik di Houston, Texas, Amerika Serikat memberikan beberapa titik pijat akupresur untuk mendapatkan energi bebas stimulan alami yang baik.

Cherron merekomendasikan tiga titik. Yang pertama adalah Perut 36 atau "Zu San Li", yang kedua dikenal sebagai Perikardium 6, dan terakhir Du 20 dan/atau Du 24.

1. Zu San Li atau Perut 36Ini terletak tepat di bawah tempurung lutut. Ini sekitar 5 hingga 7 cm di bawah lutut di sisi luar kaki.Temukan dengan meletakkan tangan di sisi luar kakidi atas lutut dengan jari-jari menghadap ke bawah. Intinya adalah di antara ujung jari keempat dan kelima. Zu san li adalah lekukan kecil di bawah tempurung lutut dan di antara tulang.Ini digunakan dalam praktik tradisional untuk mendapatkan energi dan menyembuhkan rasa sakit.

Cherron mengatakan,  "Secara tradisional, titik ini digunakan dengan akupresur dengan memijat pelari dan tentara ketika mereka mulai lelah untuk menempuh pejalanan.Titik pijat ini merangsang Qi pencernaan, yang merupakan dasar dari energi kita." 2. Perikardium 6Cherron menyatakan bahwa ini akan membantu menghilangkan 'kabut' dari Qi pencernaan sehingga dapat berfungsi lebih baik.

Sistem pencernaan yang lebih baik pada akhirnya akan memberi kita lebih banyak energi untuk bekerja.

Baca Juga: Ketahui 5 Titik Pijat Pada Tangan Untuk Menghilangkan Rasa Sakit

Baca Juga: Diabetes Bisa Sebabkan Aneka Gangguan Kulit, Contohnya Bisul

Ini terletak 3 jari di bawah pergelangan tangan di lengan bagian dalam di antara dua tendon. Temukan dengan memastikan telapak tangan menghadap ke atas dan menggunakan 3 jari  sebagai sistem pengukuran.3. Du 20 dan/atau Du 24Ini terletak di kepala kita. Du 20 ada di atas kepala dan Du 24 terletak di garis rambut depan. Saran Cherron untuk ketuk ringan pada salah satu titik ini untuk membawa Qi ke kepala. Ini akan dengan cepat memberikan dorongan Qi yang jelas.

Cherron mengingatkan, titik pijat ini tidak boleh digunakan oleh orang-orang yang rentan terhadap sakit kepala.Temukan Du 20 dengan meletakkan jari-jari di kepala di belakang ujung telinga, ikuti garis imajiner langsung ke atas sampai mencapai bagian tengah atas.

Itu terletak di bagian paling atas kepala (alias puncak . Ini adalah tempat yang lembut. Untuk menemukan Du 24, temukan di mana dahi bertemu dengan garis rambut, , itu terletak di antara alis di bagian atas garis rambut. (*)