Find Us On Social Media :

10 Ramuan Ajaib Dapat Dibuat di Rumah Sebagai Obat Alami Panu

Minyak kayu putih juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami pengusir panu.

GridHEALTH.id - Jamur malassezia biasanya merupakan penghuni yang tidak berbahaya dan damai di kulit kita. Tapi terkadang, hal-hal bisa rusak dan tumbuh secara berlebihan.

Hasilnya adalah infeksi kulit jamur seperti tinea versikolor (alias pityriasis versicolor) yang menyebabkan bercak-bercak pada kulit yang berubah warna.Tinea versikolor biasanya berkembang di iklim panas dan dapat hilang selama musim dingin, tetapi bisa kembali ketika cuaca berubah menjadi hangat dan lembab.

Faktanya, ini adalah salah satu penyakit kulit yang paling umum di tempat tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Dari panas dan kelembaban hingga kekebalan yang rendah karena obat-obatan seperti kortikosteroid, ketidakseimbangan nutrisi, dan bahkan diabetes atau kehamilan, beberapa pemicu dapat menyebabkan panu.Jika infeksi jamur tinea versikolor mengganggu kulit dan mungkin ketenangan pikiran karena penampilannya yang membuat kita malu, tentu kita ingin secepatnya membuat panu hilang.

Tetapi kita tidak ingin menggunakan obat antijamur yang bersifat kimia. No problem, banyak solusi alami yang lebih ringan dapat membantu dengan efektif.

1. Pasta bawang bombayBahan pokok dapur ini dapat membantu kita mengatasi infeksi kulit. Bawang mengandung berbagai senyawa belerang seperti ajoene yang memberikan sifat antijamur.

Sehingga bisa bekerja melawan malassezia juga. Hancurkan bawang bombay menjadi pasta dan oleskan ke area yang terkena beberapa kali sehari untuk mengobati panu.

2. Bawang putih hancurBawang putih yang pedas termasuk dalam keluarga yang sama dengan bawang merah dan mengandung senyawa belerang yang kuat.

Baca Juga: Punya Hipertensi? Coba Obat Alami yang Ampuh Ini Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Baca Juga: 2 Jenis Minyak Esensial Bisa Usir Panu Membandel, Coba Sekarang!

Ini tidak hanya memberikan rasa dan bau khas bawang putih tetapi juga dapat melawan jamur malassezia.

Seperti bawang bombay, bawang putih yang dihancurkan juga dapat dioleskan ke kulit Anda untuk membersihkan infeksi jamur ini.