Find Us On Social Media :

6 Cara Meringankan Nyeri Punggung pada Saat Hamil Muda, Bisa Dicoba

Nyeri saat hamil muda memang menjadi hal normal, namun tidak bisa dianggap remeh, kenalilah cara untuk meringankannya.

GridHEALTH.id - Seorang wanita yang tengah hamil, baik diawal kehamilan maupun sepanjang kehamilan dapat dikatakan sangat wajar untuk merasakan nyeri punggung, khususnya pada sendi punggung bawah dan panggul, karena ligamen di tubuh secara alami mengalami peregangan, fungsinya untuk persiapann proses persalinan.

Meski hal ini normal terjadi, bukan berarti nyeri saat hamil muda dapat disepelekan, tetap harus memperhatikan kondisi nyeri yang dirasakan.

Cara Meringankan Nyeri Punggung Saat Hamil Muda

Merangkum dari NHS dan Mayoclinic.org, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meringankan nyeri punggung saat hamil muda, yaitu:

1. Olahraga untuk perkuat otot perut

Tetaplah berolahraga dan pilihlah berbagai macam gerakan yang bertujuan untuk memperkuat otot pinggang, dengan demikian dapat mencegah nyeri saat hamil muda, namun tetap diingat jangan sampai berlebih.

2. Lakukan terapi komplementer

Terapi komplementer dalam hal ini seperti akupuntur maupun chiropractic, yang dalam banyak kasus dirasa dapat meredakan nyeri saat hamil muda.

3. Kompreskan air dingin atau panas

Meski belum sepenuhnya terbukti benar-benar efektif, namun dengan menggunakan kompresan air dingin atau panas setidaknya membantu meredakan nyeri saat hamil muda.

4. Pijat

Baca Juga: Nyeri Dada Tanda Penyakit Jantung Koroner? Ini Jawabannya dari Dokter