Find Us On Social Media :

Healthy Move, Sakit Punggung Belakang Setelah Berolahraga? Ini yang Harus Dilakukan

Sakit punggung setelah berolaraga harus dicari solusinhya.

GridHEALTH.id - Berurusan dengan nyeri punggung bawah setelah berolahraga bisa meresahkan. Kita mungkin bertanya-tanya apa yang salah, aktivitas apa yang harus dihindari, dan kapan harus melanjutkan latihan kita.

Hal pertama yang pertama, ambil napas dalam-dalam dan tenang. Sakit punggung tidak selalu menunjukkan adanya cedera.

Kita mungkin telah menarik otot, atau mungkin mengalami nyeri otot onset tertunda (DOMS/delayed onset muscle sorenes), suatu kondisi yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah dan gejala lainnya

DOMS ditandai dengan nyeri tumpul konstan di daerah yang terkena, sedangkan cedera menyebabkan rasa sakit yang tajam, jelas The Bristish Journal of Sport Medicine.

Namun, ada kasus di mana nyeri punggung bawah dapat mengindikasikan masalah yang lebih serius.

Misalnya, berlari dan aktivitas lain dapat menyebabkan fraktur stres sakral, catat laporan kasus tahun 2009 yang diterbitkan dalam jurnal Clinics.

Jenis cedera ini dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri tekan di daerah sakral, area antara tulang belakang lumbar dan tulang ekor.

Dalam kasus yang parah, cedera atau patah tulang sakrum dapat memengaruhi pinggul, kaki, atau organ panggul.Nyeri punggung bawah tidak selalu memerlukan kunjungan ke dokter, tetapi kita harus tahu kapan harus mencari bantuan. Bahkan cedera ringan dapat memengaruhi fungsi fisik kita atau semakin memburuk.Kapan harus ke dokter untuk nyeri punggung bawah setelah berolahraga?

Adalah normal untuk mengalami sakit punggung hingga tiga hari setelah latihan berat, kata ahli bedah New York Dr. Kerem Bortecen kepada Health Digest (04 September 2022).

Aktivitas fisik, terutama latihan kekuatan, menyebabkan robekan mikro pada otot, memicu respons peradangan.

Ketika itu terjadi, sistem kekebalan kita menghasilkan sel untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan membangun massa otot baru.

Baca Juga: Healthy Move, 3 Tips Hindari Sakit Punggung Saat Duduk Seharian