Find Us On Social Media :

6 Makanan Wajib Dipantang Penyandang Gangguan Ginjal dan Jantung

Garam, salah satu makanan yang tidak dianjurkan untuk pasien penyakit ginjal dan jantung.

GridHEALTH.id - Ada banyak makanan, bahkan yang sehat, yang tidak boleh dikonsumsi oleh mereka yang mempunyai gangguan ginjal dan jantung.

Seperti makanan yang mengandung mineral tingkat tinggi, seperti natrium, kalium dan fosfor, yang menekan ginjal dan dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan ginjal.

Begitu juga dengan penyakit jantung. Ada batasan makanan yang tidak boleh dikonsumsi mereka yang mempunyai gangguan jantung. Misalnya yang mengandung kolesterol tinggi.

Semakin parah penyakit ginjal kita, semakin banyak batasan yang mungkin kita harus patuhi. Berikut adalah contoh enam jenis makanan yang harus dihindari penyandang gangguan ginjal dan jantung.

1. Makanan tinggi protein terutama produk hewani

Produk hewani, seperti daging merah, unggas, ikan, dan telur adalah makanan berprotein tinggi. Kita memang membutuhkan protein untuk membantu membangun otot dan memperbaiki jaringan, tetapi protein juga meninggalkan limbah yang harus dibuang oleh tubuh.

 Ini adalah tugas ginjal untuk melakukan ini dan terlalu banyak protein dalam diet membuat ginjal  bekerja lebih keras dan dapat mempercepat kerusakan ginjal.

Tetapi karena beberapa protein masih penting, Anda bisa mendapatkannya dari buah-buahan dan sayuran, bersama dengan roti, nasi, dan pasta rendah sodium.

2. Garam dan makanan asin

Garam, atau natrium, adalah bahan tambahan yang umum untuk banyak makanan yang kita nikmati, terutama makanan olahan.

Namun, garam memainkan peran penting dalam berapa banyak cairan yang ditahan tubuh. Terlalu banyak cairan mempengaruhi tekanan darah dan dapat menyebabkan penyakit jantung dan paru-paru.

Ginjal yang sehat biasanya membantu menjaga keseimbangan cairan yang tepat, tetapi jika kita memiliki penyakit ginjal, hal ini mungkin tidak terjadi.