Find Us On Social Media :

Benarkah Menggunakan Bra Kawat Bisa Menyebabkan Kanker Payudara? Seorang Ahli Mematahkan Mitos Ini

Bra berkawat penyebab kanker payudara hanya mitos.

GridHEALTH.id -  Begitu banyak wanita di seluruh dunia melawan ancaman kanker payudara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2018 mengamati bahwa ada 7,8 juta wanita  yang didiagnosis menderita kanker payudara dalam 5 tahun terakhir.

Ini menjadikan penyakit ini, kanker paling umum di dunia. Meskipun ada berbagai faktor yang terkait dengan kanker payudara, ada mitos yang berkembang yang menghubungkan bra berkawat dengan kanker payudara.Sejumlah wanita memakai bra underwire (bra dengan kawat), untuk alasan mulai dari dukungan dan peningkatan yang diberikannya hingga keunggulan estetikanya. Namun, ada mitos bahwa memakai bra jenis ini dapat menyebabkan kanker payudara.Untuk lebih memahami secara khusus apakah ada hubungan antara memakai bra berkawat dan prevalensi kanker payudara,  Dr Sunita Varma, Direktur, Obs dan Ginekologi, Rumah Sakit Fortis Shalimar Bagh di New Delhi, India mematahkan mitos tersebut.Menurut Dr Varma, bra berkawat tidak menyebabkan kanker payudara. Dia menambahkan bahwa ada mitos bahwa itu menghalangi aliran limfatik dan aliran darah, karena pemasangannya yang ketat, yang menyebabkan kanker payudara. Tetapi mitos ini telah terbantahkan.Dia menjelaskan bagaimana ada berbagai faktor risiko yang terkait dengan kanker payudara, seperti obesitas,konsumsi alkohol, merokok, kehamilan di usia tua, riwayat keluarga, dan disposisi genetik.

Apa itu kanker payudara?Ini adalah kanker yang terbentuk di sel-sel payudara. Ini bisa berkembang di sel-sel lapisan saluran atau lobulus, di jaringan kelenjar payudara.

Ini bukan jenis kanker yang menular atau menular. Sayangnya, sekitar setengah dari kanker payudara berkembang pada wanita di atas usia empat puluh tahun, tanpa menunjukkan tanda atau gejala yang terlihat.Namun, faktor-faktor tertentu meningkatkan profil risiko wanita terkena kanker payudara, yang meliputi riwayat paparan radiasi, riwayat reproduksi, usia, dan konsumsi tembakau.

Gejala kanker payudara

Gejalanya mungkin termasuk:

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Kanker Payudara dilihat dari Benjolan yang Muncul

Baca Juga: 6 Makanan Wajib Dipantang Penyandang Gangguan Ginjal dan Jantung

- Benjolan di payudara

- Perubahan ukuran payudara

- Nyeri pada puting payudara

- Warna atau bentuk payudara dan puting susu