Find Us On Social Media :

Benarkah BPA pada Galon Isi Ulang Tidak Aman Untuk Tubuh? Ini 4 Syarat Bahan Baku Disebut Tidak Berbahaya Menurut Ahli Polimer

Ahli polimer mengatakan untuk mengatakan BPA berbahaya atau tidak harus melewati 4 syarat ini.

GridHEALTH.id - Isu mengenai penggunaan galon isi ulang menjadi ramai diperbincang beberapa waktu lalu oleh masyarakat.

Galon isi ulang yang berbahan baku BPA atau bisphenol-a ini disebut-sebut berbahaya hingga membuat masyarakat khawatir akan penggunaannya.

Isu ini pun menjadi momentum bagi para ahli kesehatan dan plastik untuk mengedukasi masyarakat dalam melihat sebuah produk yang digunakan.

Sejauh ini, belum ada banyak data yang cukup jika mengaitkan BPA sebagai salah satu penyebab penyakit, seperti kanker atau infertilitas.

Lalu, bagaimana BPA jika dilihat dalam kacamata ahli polimer, berikut ini ulasannya bersama dengan Ir. Akhmad Zainal Abidin, M.Sc., Ph.D. selaku Kepala Laboratorium Teknologi Polimer dan Membran ITB setelah diwawancara oleh tim GridHEALTH.id pada Jumat (07/10/2022).

BPA dan Syarat Dikategorikan Aman atau Tidak 

Galon isi ulang mengandung BPA, BPA sendiri dijelaskan oleh ahli polimer sebagai bahan baku dari beberapa plastik polimer, yang terkenal itu polikarbonat dan epoksi.

Melihat suatu bahan baku berbahaya atau tidak berdasarkan kacamata ahli polimer, disebutkan harus ada empat syarat yang dilihat, yaitu:

1. Jenis

2. Jumlah

3. Konsentrasinya

Baca Juga: BPA pada Galon Guna Ulang Tidak Membahayakan Kesehatan, Label BPA Free Hanya untuk Menarik Perhatian Konsumen?