Find Us On Social Media :

Waspada Keguguran Berulang, Ketahui Penyebab & Cara Aman Menanganinya

Keguguran berulang bisa dialami wanita, coba kenali penyebab dan cara menanganinya berikut ini.

GridHEALTH.id - Membahas mengenai keguguran, tentu menjadi hal yang tidak mudah bagi para calon orangtua, khususnya ibu hamil.

Akan tetapi, untuk dapat menghindari kondisi ini, maka perlu dikenali apa saja jenis dari keguguran, termasuk mengenai keguguran berulang.

Berikut ini merupakan ulasan mengenai keguguran berulang yang dapat terjadi pada ibu hamil, mulai dari penyebab hingga cara menanganinya, simak ulasan berikut ini.

Keguguran Berulang

Dalam beberapa kasus, ibu hamil bisa saja mengalami keguguran berulang yang didefinisikan sebagai 3 atau lebih berturut-turut, yang tentunya disebabkan oleh banyak hal.

Mengalami keguguran bukan berarti ke depannya seorang wanita akan mengalaminya kembali, meski ada peristiwa yang dikenal dengan keguguran berulang.

Tidak perlu khawatir, lebih dari setengah kasus keguguran berulang dapat dikenali penyebabnya dengan jelas dan dapat diobati.

Penyebab Keguguran Berulang

Ada beberapa kasus keguguran berulang yang tidak diketahui penyebabnya, namun dalam banyak kasus lainnya berikut ini beberapa penyebab keguguran berulang, yaitu:

1. Endometriosis

Kondisi yang disebut mempengaruhi sekitar 10% wanita usia reproduksi, merujuk pada kondisi saat jaringan yang mirip dengan lapisan rahim tumbuh di luar rahim dan menyebabkan menstruasi berat serta rasa sakit yang terbakar.

Baca Juga: Apakah Benar Hamil di Usia Muda Rentan Alami Keguguran? Ini Faktor Risikonya!