Find Us On Social Media :

Healthy Move, Lakukan Olahraga dengan Hati-hati Agar Tak Terkena Deretan Cedera Ini

Cedera olahraga bisa terjadi saat kita berolahraga. Lakukan antisipasi untuk mencegahnya.

GridHEALTH.id -Rutin berolahraga sangat dianjurkan para pakar kesehatan untuk menghindari berbagai penyakit. Namun, olahraga juga harus dilakukan hati-hati akan terhindar dari cedera olahraga.

Cedera olahraga didefinisikan sebagai cedera yang diderita saat bermain olahraga atau berolahraga.

Bentuknya bisa luka, terkilir, terbentur, atau bahkan patah tulang. Semua itu bisa menyakitkan.

Untuk menghindari berbagai jenis cedera olahraga, kita harus menyiapkan diri dan melakukan pemanasan dengan benar dan cukup sebelum berolahraga.  Juga kita harus menjaga konsentrasi agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Dikutip dari Health Grade, berikut 10 cedera olahraga yang harus diantisipasi dan cara pengobatannya;

1. Ruptur Tendon AchillesCedera ini akan terjadi tiba-tiba dan rasa sakit yang hebat mengejutkan. Seperti telah dipukul dengan benda tumpul tepat di belakang tumit.

Kita biasanya dapat merasakan celah di mana tendon terpasang dan pembedahan mungkin diperlukan untuk memperbaikinya. Bagian terburuknya adalah kita harus beristirahat untuk sembuh dalam enam bulan atau lebih.

2. ACL Robekan atau KeseleoSaat kita melukai ligamen anterior cruciate (ACL),  kita telah merusak salah satu ligamen lutut penstabil utama, yang dapat membuat kita 'cacat' selama berbulan-bulan.

Cedera olahraga ini biasanya terjadi ketika seorang pemain melambat untuk mengubah arah dan merobek atau meregangkan ACL secara berlebihan.

Kita juga dapat merusak ligamen lain di lutut, yang membuat rasa sakit dan waktu pemulihan semakin buruk. Cedera ringan dapat sembuh dengan istirahat dan es, tetapi robekan ACL yang lebih parah memerlukan pembedahan.

Baca Juga: Healthy Move, 3 Latihan Menguatkan Kaki Agar Tidak Mudah Cedera

Baca Juga: Sederet Mitos Kanker Payudara yang Banyak Dipercaya, Lihat Faktanya