Find Us On Social Media :

Remaja Jangan Banyak Begadang, Bisa Jadi Penyebab Hipertensi di Usia Muda

Anak suka begadang picu munculnya hipertensi.

GridHEALTH.id - Menggunakan Pedoman Praktik Klinis American Academy of Pediatrics (AAP) 2017 yang diperbarui, sebuah studi CDC menunjukkan bahwa sekitar 1 dari 25 remaja berusia 12 hingga 19 tahun memiliki hipertensi, dan 1 dari 10 memiliki tekanan darah tinggi (sebelumnya disebut "prehipertensi"). Tekanan darah tinggi lebih sering terjadi pada remaja dengan obesitas.Tekanan darah tinggi di masa muda terkait dengan masalah kesehatan di kemudian hari. Kabar baiknya adalah orangtua dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan mengelolanya.

Studi Menemukan Banyak Anak Muda Memiliki Tekanan Darah TinggiCDC menganalisis data dari lebih dari 12.000 peserta berusia 12 hingga 19 tahun yang menanggapi Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES) dari 2001 hingga 2016. CDC menggunakan data ini untuk mencari tahu bagaimana Pedoman Praktik Klinis AAP 2017 memengaruhi tren hipertensi pada remaja di atas waktu.Menggunakan kriteria pedoman baru, CDC menemukan bahwa lebih dari 1 dari 7 remaja AS berusia 12 hingga 19 tahun memiliki tekanan darah tinggi atau tekanan darah tinggi selama 2013 hingga 2016.Temuan utama dari Morbidity and Mortality Weekly Report (MMWR) meliputi:

-  Tekanan darah tinggi pada remaja telah menurun, namun remaja masih berisiko. Antara 2001 dan 2016, prevalensi tekanan darah tinggi menurun seperti yang diukur oleh pedoman baru dan lama.

Namun masih banyak anak muda yang memiliki tekanan darah tinggi dan faktor risiko penyakit kardiovaskular lainnya, seperti obesitas dan diabetes. Bahkan dengan tren penurunan ini, di bawah pedoman baru lebih banyak pemuda diklasifikasikan memiliki tekanan darah tinggi daripada 15 tahun yang lalu di bawah pedoman sebelumnya.

-  Pedoman baru mengubah angka dan menggunakan ambang batas yang lebih rendah untuk tekanan darah tinggi. Dibandingkan dengan pedoman sebelumnya, pedoman yang diperbarui mengklasifikasikan ulang 2,6% pemuda di Amerika Serikat, atau hampir 800.000 orang muda, memiliki tekanan darah tinggi.

-  Hampir setengah dari orang-orang muda yang baru direklasifikasi ini mengalami obesitas. Obesitas di masa muda berarti memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih besar atau sama dengan persentil ke-95. (Hitung BMI anak).

- Pemuda berusia 18 hingga 19 tahun menyumbang sekitar setengah dari peningkatan, dan laki-laki mencapai lebih dari dua pertiga.Apa yang bisa dilakukan orangtua?

Baca Juga: Punya Hipertensi? Coba Obat Alami yang Ampuh Ini Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Baca Juga: Rekomendasi Vitamin Untuk Rambut Rontok Terbaik dan Harga Terbaru

Mintalah dokter untuk mengukur tekanan darah anak  mulai usia 3. Membantu anak-anak menjaga berat badan yang sehat, makan makanan bergizi, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan tekanan darah mereka dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular di kemudian hari.

Selain itu, tidur yang cukup,  dan tidak begadang alias tidur larut malam dapat membantu anak-anak dan remaja terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi.

Tawarkan makanan bergizi rendah kalori seperti buah-buahan dan sayuran sebagai pengganti makanan tinggi gula tambahan dan lemak padat. Cobalah menyajikan lebih banyak buah dan sayuran saat makan dan sebagai camilan.