Find Us On Social Media :

Cara Mengenali Gejala Hipertensi Emergensi, dan Cara Mengobatinya

Hipertensi emergensi sering kali membutuhkan perawatan di rumah sakit.

 GridHEALTH.id - Hipertensi emergensi adalah tekanan darah tinggi yang berbahaya yang menyebabkan komplikasi seperti kegagalan organ. Hipertensi maligna merupakan salah satu jenis hipertensi emergensi. Ada ketidaksepakatan antara dokter dan panduan diagnostik tentang bagaimana mengkarakterisasi hipertensi maligna.

Beberapa mengacu pada timbulnya gejala yang tiba-tiba sebagai karakteristik utama hipertensi maligna, sementara yang lain menunjukkan kombinasi kerusakan mata dan tekanan darah yang sangat tinggi. Selain definisi, tekanan darah yang lebih tinggi dari 180/120 milimeter merkuri (mm Hg) merupakan penyebab kekhawatiran. Siapa pun yang memilikinya harus menerima perawatan segera. Apa itu hipertensi emergensi?

Hipertensi emergensi  atau hipertensi maligna adalah jenis tekanan darah tinggi yang paling parah. Ini memenuhi syarat sebagai darurat hipertensi. Tekanan darah seringkali melebihi 180/120 mm Hg, dengan angka terbawah di atas 130 atau 140 mm Hg. Keadaan darurat hipertensi mempengaruhi seluruh tubuh, menyebabkan kerusakan pada banyak organ dan sistem organ. Dokter pernah mendefinisikan hipertensi maligna sebagai tekanan darah ekstrem yang merusak retina.

Namun, para ahli kesehatan sekarang menyadari bahwa masalahnya dapat muncul dalam berbagai cara, dan mereka mendefinisikannya secara lebih umum, mencatat bahwa itu dapat merusak banyak organ. Banyak penderita hipertensi maligna memang mengalami perubahan mata, sepert penglihatan kabur, melihat bintik-bintik, kebutaan mendadak, dan mata berdarah.

Biasanya, hipertensi maligna melibatkan tekanan diastolik, angka terbawah dalam pembacaan, melebihi 130 mm Hg. Ini juga cenderung merusak mata, otak, jantung, dan ginjal. Jika seseorang tidak menerima pengobatan untuk hipertensi maligna, prospeknya lebih buruk daripada orang yang memiliki bentuk tekanan darah tinggi lainnya.

Baca Juga: Punya Hipertensi? Coba Obat Alami yang Ampuh Ini Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Baca Juga: Healthy Move, Jenis Olahraga Tepat Bagi Penderita Fibromyalgia dan Kelelahan Kronis

Penelitian, yang melibatkan 168 peserta dengan hipertensi maligna, juga menemukan:

- Kerusakan otak "signifikan" pada 93% peserta

- Kerusakan ginjal pada 55% peserta

- Pembekuan darah di pembuluh darah kecil pada 15% peserta

- Pembesaran ventrikel kiri jantung pada 82% peserta