Find Us On Social Media :

Masalah Baru Kesehatan Tulang Belakang Disebabkan Gaya Hidup, 5 Tips Ini Bisa Mencegahnya

Masalah tulang belakang menjadi risiko meningkatnya osteoporosis, inilah 5 cara menjaga kesehatan tulang belakang untuk mendapatkan tulang sehat dan kuat.

GridHEALTH.id - Adanya perubahan gaya hidup dan kebiasan aktivitas menyebabkan permasalahan mengenai tulang dan otot meningkat.

Salah satu masalah yang mengintai anak muda hingga lanjut usia adalah adanya masalah tulang belakang.

Karenanya menjaga kesehatan tulang belakang telah menjadi tugas sejak dini untuk diterapkan agar mengurangi risiko masalah tulang yang lebih besar.

Membangun tulang sehat dimulai dari menjaga kesehatan tulang belakang juga menjadi penting, karena tulang belakang adalah salah satu area yang mudah terkena osteoporosis.

Masalah Tulang Belakang

dr. Antonius Andi Kurniawan, SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga kepada tim GridHEALTH.id saat ditemui dalam acara Entrasol bersama PERWATUSI (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia dengan tema Indonesia Bergerak: Tulang Kuat, Jantung Sehat pada Minggu (23/10/2022), menyebutkan masalah tulang belakang ini berbeda dengan osteoporosis.

"Punya masalah sama tulang belakang, belum tentu osteoporosis, karena osteoporosis itu silent disease," kata dr. Andi sedangkan masalah tulang belakang biasanya ditandai dengan pinggang sakit dan nyeri, sehingga ada gejala yang dirasakan tetapi perlu juga dilakukan pengecekan.

"Perlu dicek apakah itu ototnya yang lemah atau ototnya yang kaku karena kita terlalu banyak duduk, terus kemudian posturnya tidak baik atau kurang ergonomik," sambung dr. Andi.

Beberapa penyebab yang bisa membuat terjadinya masalah tulang belakang, yaitu:

- Salah posisi mengangkat 

- Terlalu banyak duduk

- Kurang gerak