Find Us On Social Media :

Healthy Move, 5 Latihan Untuk Membantu Pulih Lebih Cepat Setelah Operasi Kanker Payudara

Pasien kanker payudara dapat langsung berolahraga setelah operasi.

GridHEALTH.id - Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan oleh National Cancer Institute telah menunjukkan bukti yang menghubungkan aktivitas fisik dengan kelangsungan hidup yang lebih lama pada wanita yang didiagnosis dengan risiko tinggi kanker payudara.

Ini menunjukkan bahwa wanita yang berpartisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur sebelum diagnosis kanker mereka dan setelah pengobatan lebih kecil kemungkinannya terkena kanker kembali atau meninggal dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif.

Olahraga penting bagi penderita kanker payudara

 Dr Ramya Nair, Konsultan Fisioterapis di Rumah Sakit Masina, di New Delhi, India menyarankan latihan yang akan membantu pemulihan setelah operasi kanker payudara.

Nair mengatakan, lima latihan ini dapat dilakukan sehari setelah pasien menjalani operasi kanker payudara.

1. Latihan pernapasan dalamBerlatih latihan pernapasan dalam memungkinkan kita untuk mengembalikan gerakan di dada  dengan cara yang lambat dan santai.

Untuk melakukan latihan ini ambil napas dalam-dalam dari hidung dan tahan selama 10 detik, lalu embuskan perlahan dari mulut. Lakukan 10 repetisi dari latihan ini. Kita juga bisa melakukan ini sambil berbaring di tempat tidur.

2. Latihan dengan tongkatTerapi radiasi untuk pasien kanker payudara mempengaruhi pergerakan bahu mereka. Latihan tongkat membantu meningkatkan fleksibilitas bahu dan mengembalikannya ke normal.

Untuk melakukan latihan ini,  kita harus berbaring telentang dan memegang tongkat di kedua tangan. Kemudian angkat, tahan selama 5 detik dan turunkan perlahan. Ulangi gerakan ini setidaknya 10 kali.

3. Sayap siku

Baca Juga: Pengobatan Kanker Payudara dari Bahan Alami Tanaman Obat Herbal

Baca Juga: Tanda-tanda Kapalan Berbahaya Bagi Tubuh yang Harus Diwaspadai