Find Us On Social Media :

Healthy Move, Cara Menggunakan Blok Untuk Meningkatkan Latihan Yoga

Menggunakan yoga blok membantu gerakan jadi lebih baik dan menghindari cedera.

GridHEALTH.id - Bagi banyak orang, masuk ke postur yang terlibat dalam latihan asana yoga yang khas bisa jadi sulit. Ide menggunakan alat peraga, seperti blok yoga, untuk memodifikasi postur dikembangkan oleh B.K.S. Iyengar (per YogaBasics.com).

Blok yoga dapat meningkatkan latihan kita dengan memberi kita lebih banyak keseimbangan, menciptakan permukaan yang lebih tinggi untuk dijangkau ketika kita tidak dapat menjangkau anggota tubuh atau lantai, memungkinkan kita  untuk bergerak ke posisi yang tepat di setiap pose, dan mencegah cedera yang dapat terjadi karena mengejan untuk berpose.Blok yoga dapat digunakan untuk memodifikasi hampir semua pose. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mulai memasukkan balok ke dalam latihan asana;

1. Meditasi duduk

Salah satu cara untuk membantu tubuh  mempertahankan postur yang benar adalah dengan duduk di blok yoga.

Blok mengangkat pinggul di atas lutut, yang menghilangkan sebagian tekanan dari pinggul. Pastikan untuk duduk dengan kuat dan tepat di balok, tekan ke bawah melalui pantat.

Kita jangan duduk terlalu dekat dengan tepi balok, karena akan terlalu condong ke depan, yang juga tidak baik untuk punggung.

Untuk kenyamanan ekstra dalam pose ini, letakkan selimut yoga di bawah pergelangan kaki, dan jika pinggul  sangat kencang, coba letakkan selimut atau balok di bawah lutut juga.

2. Child pose/pose anakKita dapat meletakkan balok, guling, atau bantal di bawah dahi, di bawah dada, atau keduanya jika a tidak dapat meletakkannya di lantai.

Jika mengambil pose Extended Child, di mana kita mengulurkan tangan di depan kita, alih-alih mengistirahatkannya di samping tubuh, kitadapat meletakkan balok di bawah setiap lengan bawah atau masing-masing tangan untuk meningkatkan peregangan di bahu dan punggung atas.

3. Berdiri lipat ke depanMenggunakan blok yoga adalah cara terbaik untuk membuat Standing Forward Fold nyaman sambil mempertahankan keselarasan yang tepat dan mendapatkan peregangan yang baik di punggung dan paha belakang.

Baca Juga: Healthy Move, Posisi Yoga Ustrasana atau Pose Unta, Atasi Sakit Punggung Hingga Sembelit

Baca Juga: Sering Tidak Disadari dan Diabaikan, Ini Penyebab Kanker Payudara yang Bisa Terjadi Pada Pria