Find Us On Social Media :

6 Pantangan Pengidap Psoriasis yang Harus Dihindari, Picu Kekambuhan

Pantangan pengidap psoriasis yang perlu diperhatikan mulai dari makanan hingga cara mengelola stres.

GridHEALTH.id - Pengidap psoriasis harus selalu bersiap menghadapi kekambuhan penyakit kulit ini, yang bisa terjadi kapan saja.

Terutama apabila tidak memerhatikan pantangan yang sebenarnya harus dihindari pengidap psoriasis agar kondisinya tetap stabil.

Penyakit ini ditandai dengan kulit yang meradang, gatal, bercak yang bersisik terutama di bagian lutut, sikut, dan kulit kepala.

Ketika kambuh, penyandang penyakit ini harus bertahan dengan keluhan tersebut selama beberapa minggu atau bulan, hingga nantinya mereda.

Pantangan pengidap psoriasis

Terdapat beberapa hal yang perlu dihindari oleh pengidap penyakit kulit ini, sebagai langkah kehati-hatian karena khawatir menyebabkan kekambuhan dan kondisi yang lebih serius.

Pantangan pengidap psoriasis mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari makanan hingga gaya hidup yang dijalani setiap hari. Di antaranya adalah berikut ini.

1. Makanan

Dilansir dari Healthline, memang tidak ada aturan makan yang pasti untuk orang dengan psoriasis. Namun, sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan tinggi gluten, produk susu, kerang, hingga yang tinggi gula serta berlemak.

Berdasarkan sebuah survey yang dilakukan di Amerika Serikat pada 2017 lalu, pengidap penyakit psoriasis merasakan gejalanya membaik saat berhenti mengonsumsi makanan tersebut.

2. Konsumsi alkohol

Baca Juga: Kenali 3 Prosedur Medis Pengobatan Psoriasis untuk Redakan Gejalanya