Find Us On Social Media :

Kenali Gejala Psoriasis Pada Kuku Hingga Pengobatan untuk Mengatasinya

Psoriasis pada kuku gejala utamanya adalah perubahan warna pada kutikula.

GridHEALTH.id - Penyakit psoriasis bermacam-macam jenisnya, tidak hanya terjadi di kulit kepala atau lutut, tapi juga bisa di kuku.

Semua orang mempunyai kemungkinan untuk mengalami jenis penyakit kulit ini. Tapi, ada beberapa faktor yang membuat orang tersebut berisiko tinggi mengalaminya.

Misalnya berusia di atas 40 tahun, seorang laki-laki, mempunyai keluarga dengan riwayat penyakit yang sama, dan mengidap arthritis psoriatik.

Seberapa umum kejadian ini? Menurut Cleveland Clinic, kondisinya cukup sering terjadi. Sekitar 50% orang dengan psoriasis mengalaminya dan 86% pada seluruh pengidap arthrtis psoriatik.

Gejala psoriasis pada kuku

Merupakan salah satu jenis penyakit autoimun, pengidapnya mengalami pertumbuhan sel-sel kulit kurang dari 28-30 hari sekali. Akibatnya menumpuk dan terjadilah penyakit kulit.

Psoriasis pada kuku bisa terjadi di tangan maupun kaki, dengan gejala yang seperti ini.

1. Perubahan warna. Pada kuku yang terdampak, kulit di bagian bawah akan berubah warna dan muncul bercak-bercak atau bintik-bintik minyak.

Biasanya berwarna kekuningan, merah, merah mudah, atau bahkan ada juga yang nampak kecoklatan.

2. Pitting. Gejala ini terlihat dengan posisi kuku yang penyok atau berlubang. Bagian yang terpengaruhi bisa sangat kecil 0,4 milimeter atau lebih besar mirip crayon 2 milimeter.

Beberapa orang juga bisa mengalami lebih dari satu atau dua lubang pada kuku, ada pula yang mencampai 10 lubang sekaligus.

Baca Juga: 6 Pantangan Pengidap Psoriasis yang Harus Dihindari, Picu Kekambuhan