Find Us On Social Media :

Kopi Hitam Bisa Jadi Obat Alami Asam Urat, Tanpa Gula dan Tidak Over Mengonsumsinya

Kopi memiliki manfaat baik, kenali kandungan obat alami asam urat dari kopi berikut ini.

GridHEALTH.id - Asam urat tinggi berisiko menyebabkan peradangan sendi yang dikenal dengan penyakit asam urat. Padahal asam urat memiliki manfaat yang baik untuk tubuh jika berada dalam kadar yang normal. Jika sudah terlanjur tinggi dan mengalami serangan asam urat, cobalah untuk mengatasinya, salah satunya adalah obat alami asam urat. Asam Urat Tinggi dan Cara Mengobatinya Kadar asam urat tinggi yang melebihi batas normal adalah 2,4-6,0 mg/dL untuk wanita dan 3,4-7,0 mg/dL untuk pria, menurut National Library of Medicine.

Sebagai salah satu bentuk dari peradangan sendi, penyakit ini sangat bisa untuk dicegah dan diobati.

Penting untuk melakukan pencegahan yang dimulai dari gaya hidup, namun jika ingin mengobatinya salah satunya bisa dengan obat alami asam urat.

Ada banyak macam obat alami asam urat, seperti kopi hitam, dengan catatan tidak dikonsumsi terlalu banyak.Obat Alami Asam Urat dari Kopi Salah satu obat alami asam urat berasal dari kopi, hal ini dikarenakan kopi bersifat diuretik alami sehingga dapat mempercepat pembentukan urin, sehingga membantu mengeluarkan kadar asam urat dari tubuh.Sehingga kopi membantu meningkatkan laju ekskresi asam urat dalam tubuh, melalui kandungan senyawa kafein dan polifenol yang bersifat diuretik.

Kafein disebut memiliki struktur yang mirip dengan allopurinol, salah satu kandungan obat yang digunakan untuk mengobati asam urat, yang berfungsi menghilangkan asam urat dari jaringan tubuh.

Baca Juga: Obat Alami Dari Kopi dan Wedang Jahe yang Mampu Atasi Asam urat

Polifenol dalam kopi disebut juga dengan asam klorogenat, yang berfungsi untuk mengurangi tingkat insulin di dalam darah, dengan demikian maka sensitivitas insulin dan penurunan kadar insulin dapat meningkatkan eliminasi asam urat dan natrium.

Perlu diingat bahwa obat alami asam urat dari kopi ini bisa dirasakan jika tidak menambahkan banyak gula di dalamnya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, menunjukkan adanya perbedaan kebutuhan kopi antara pria dan wanita.

Wanita disebut memerlukan 4-6 cangkir per hari untuk dapat menurunkan kadar asam urat, sedangkan pria disebut hanya memerlukan 1-3 cangkir per hari.Kandungan dan Manfaat Kopi untuk Asam Urat Selain disebut-sebut sebagai obat alami asam urat, terdapat kandungan dan manfaat lainnya dari kopi, yaitu: 1. Melawan diabetes – Hal ini dikarenakan kandungan zat dalam kopi membantu mengatur kadar glukosa dalam darah, jadi saat konsumsi kopi jangan juga terlalu menambahkan gula di dalamnya, karena dapat mengurangi khasiat kopi untuk melawan diabetes.

2. Membantu pernafasan – Kafein di dalam kopi disebut dapat memperkuat kerja tonus, yaitu otot paru-paru yang membantu pernapasan.

3. Mencegah kanker payudara – Selain itu, kandungan flavonoid dan phytoestrogen yang dilepaskan oleh kopi, disebut dapat menahan risiko pertumbuhan tumor atau kanker.

Inilah beberapa manfaat yang bisa didapat pada obat alami asam urat dari kopi ini, namun jika seseorang merasa tidak cocok untuk mengonsumsinya bisa dengan pilihan obat alami asam urat lainnya. (*)

Baca Juga: 5 Tanda Tubuh Sudah Kecanduan Kafein, Sering Mengeluh Sakit Kepala