Find Us On Social Media :

Inilah Beberapa Menu Sehat Untuk Optimalkan Gizi Anak, Murah dan Terjangkau

Isi Piringku, rekomendasi Kemenkes untuk penuhi gizi anak melalui menu sehat dalam satu piring. Berikut ini menu sehat lainnya.

GridHEALTH – Masalah gizi pada anak masih menjadi tantangan di Indonesia, data dari UNICEF Indonesia menyebutkan ada jutaan anak yang mengalami gizi buruk.

Kondisi ini tentu memprihatinkan, padahal untuk mendapatkan pertumbuhan yang maksimal, anak memerlukan asupan gizi yang baik, sehingga bisa sehingga bisa membawa kemajuan bagi masyarakat dan negara.

Memenuhi gizi anak tidak perlu mahal dan rumit, mulailah dari pilihan menu sehat yang terjamin kandungannya dan cari yang sesuai dengan pengeluaran keluarga. Berikut ini beberapa tips memilih menu sehat untuk penuhi gizi anak.

Cara Orangtua Penuhi Gizi Anak

Data dari Badan Pusat Statistik 2022 menyebutkan ada sekitar 14 juta penduduk atau setara dengan seluruh jumlah penduduk DKI Jakarta dan Papua mengalami ketidakcukupan pangan.

Memperbaiki kondisi kesehatan itu adalah investasi untuk masa depan dan untuk membangun negara yang sehat, maka dimulai dari keluarga yang sehat, salah satunya dengan menerapkan gizi seimbang.

Anak-anak menjadi target yang utama dalam hal pemenuhan gizi, karena gizi yang baik adalah investasi kesehatan bagi anak, sehingga penting bagi orangtua untuk penuhi gizi anak sesuai kemampuan ekonomi keluarga dengan memilih beragam jenis bahan makanan terjangkau tanpa melupakan kandungan gizinya.

Mutia A. Sayekti, S. Gz., MHEcon, seorang peneliti ekonomi sehat menyebutkan untuk penerapan konsep gizi seimbang bisa dengan langkah komitmen untuk hidup sehat sesuai dengan kemampuan dan meningkatkan literasi keluarga terhadap kebutuhan nutrisi dalam webinar “Peringati Hari Pangan Sedunia, Danone Indonesia Ajak Masyarakat Cerdas Atur Pengeluaran Agar Gizi Anak Optimal”, Senin (31/10/2022).

Untuk memulai komitmen ini, Mutia mengajak orangtua untuk mulai membuat anggaran khusus belanja bahan makanan dan rencanakan menu per-minggu dengan konsep “Isi Piringku” yang diterapkan Kemenkes RI, serta pertimbangkan untuk konsumsi makan keluarga di luar rumah.

Konsep “Isi Piringku” Kemenkes

Dalam hal penuhi gizi anak, Kemenkes RI telah mengampanyekan konsep “Isi Piringku” sebagai cara agar orangtua dapat memenuhi gizi anak sesuai dengan anjuran ahli, diharapkan dalam sekali makan akan mengandung kurang lebih 700 kalori untuk makan siang dengan mengisinya terdiri dari makanan pokok, sayuran, lauk pauk, dan buah-buahan.

Baca Juga: Cegah Stunting, Bahan Makanan ini Wajib dalam Menu MPASI Bayi