Find Us On Social Media :

Rokok Elektrik Sebabkan Gagal Ginjal Akut karena Mengandung Propilen Glikol, Asosiasi Penguasa Vape Angkat Bicara

Rokok elektrik sebabkan gagal ginjal akut?

GridHEALTH.id - Ramainya informasi gagal ginjal akut pada anak yang membuat banyak orang ketakutan, merembet kebanyak lini produk usaha.

Kita kini sudah tahu, pada obat sirup yang dicurigai menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak ada yang namanya Dietilen Glikol (DEG) dan Etilen Glikol (EG).

Bebarapa perusahaan farmasi yang kedapatan produk obat sirupnya mengandung Dietilen Glikol (DEG) dan Etilen Glikol (EG) pun langsung ditindak tegas oleh BPOM, sampai dipidanakan.

Menurut kabar yang saat ini banyak beredar, prihal zat kimia berbahaya tersebut terdapat juga pada cairan atau liquid rokok elektrik dan juga vape.

Melihat kondisi tersebut, tentu membuat para pengusaha di bidang vape gusar.

Baca Juga: BPOM RI Kembali Umumkan Temuan Baru, Paracetamol Afi Farma Mengandung Etilen Glikol Melebihi Ambang Batas

Karenanya Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI), melalui ketuanya langsung angkat bicara mengenai hal ini.

Menurut ketua APVI, Aryo Andrianto, Propilen Glikol (PG) yang terdapat pada cairan rokok elektrik itu berbeda dengan Dietilen Glikol (DEG) dan Etilen Glikol (EG) pada kasus obat sirup yang sedang ramai dibicarakan.

Intinya informasi yang menyatakan cairan vape atau rokok eletrik bisa sebabkan gagal ginjal akut hoax.

“Belakangan ini kita dihadapkan pemberitaan yang menuduh rokok elektrik tidak aman karena mengandung zat yang tidak baik. Penjelasan ini ditujukan untuk pemberitaan yang tidak dipertanggungjawabkan tersebut,” kata Aryo dikutip dari akun Instagram miliknya @aryoandrianto, Senin (31/10).

Untuk membuktikannya, Aryo menunjukan pendapat dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (U.S. Centers for Disease Control).

Baca Juga: Ciri-ciri Kanker Mulut yang Berbahaya, Waspada Jika Sariawan Lama Sembuh