Find Us On Social Media :

Mengobati Biduran dengan Teknik Akupunktur, Sudah Pernah Coba?

Akupunktur jadi obat tradisional untuk mengatasi gatal akibat biduran.

GridHEALTH.id - Biduran cukup umum, terjadi pada sekitar 20% orang dari segala usia. Kasus gatal-gatal yang akut, atau berumur pendek, dapat terjadi karena terpapar beberapa bahan kimia baru yang tidak biasa atau iritasi alami di lingkungan seseorang, mungkin dalam beberapa produk, atau beberapa serbuk sari atau serangga.

Ini biasanya hilang dengan cepat, dan mungkin cukup jelas apa yang menyebabkan pecahnya gatal-gatal.

Namun, kadang-kadang orang mengembangkan urtikaria idiopatik kronis (CIU), di mana seseorang mungkin sering mengalami gatal-gatal secara berkelanjutan dan tidak tahu mengapa hal itu terus terjadi.Akupunktur Untuk Biduran KronisAkupunktur, sebagai bentuk pengobatan tradisional Tiongkok (TCM/traditional chinese medicine) alami untuk mengobati penyakit, dapat membantu meringankan gejala gatal-gatal kronis.

Menurut TCM, keseimbangan kekuatan hidup yang dikenal sebagai Qi dan ekstrem dasar Yin dan Yang menghasilkan kesehatan. Ketika ketidakseimbangan kekuatan itu terjadi, konsekuensinya adalah penyakit.Qi mengalir melalui meridian, jalur energi dalam tubuh manusia. Jalur tersebut dapat diakses melalui banyak titik akupunktur yang terletak di seluruh tubuh.

Memasukkan jarum tipis ke titik akupunktur akan membuat aliran energi kembali seimbang. Di TCM, gatal-gatal dikenal sebagai 'tambalan ruam angin' atau Feng Zhen Kuai. Ada banyak titik akupunktur untuk gatal-gatal, tetapi ini adalah yang paling umum:

-  LI11 (Quichi) – Mengusir Angin, membersihkan panas, mendinginkan darah, dan merupakan salah satu poin utama untuk mengobati reaksi alergi. Kita dapat menemukannya di ujung lateral lipatan cubiti melintang, dengan siku tertekuk.

-  SP6 (Sanyinjiao) – Titik ini adalah titik pertemuan meridian limpa, ginjal, dan hati. Ini memperkuat limpa dan mengembalikan keseimbangan darah, Yin, ginjal, dan hati.

-  SP10 (Xuehai) – Digunakan untuk kulit gatal yang disebabkan oleh iritabilitas darah, kekurangan darah, dan darah kental. Kita dapat menemukannya di atas batas medial superior patela pada tonjolan bagian medial paha depan, dengan lutut tertekuk.

Baca Juga: Ruam Merah di Telapak Tangan Karena Biduran, Atasi dengan Bahan Alami Berikut!

Baca Juga: Waspada Ibu Hamil Pengidap Asam Urat Tinggi, Bisa Dikenali dari Ciri-ciri Berikut Ini

-  ST36 (Zusanli) – Titik akupuntur ini terletak di bawah lutut, di antara dua tulang kaki bagian bawah, di sepanjang meridian perut.

-  LI4 (Hegu) – Mengusir Angin, melepaskan bagian luar, menguatkan Qi, dan memperkuat kekebalan. Dapat ditemukan di antara tulang metakarpal 1 dan 2 di tangan, di tengah tulang metakarpal kedua di sisi radial.