Find Us On Social Media :

Hari Kesehatan Nasional, Tips Merawat Kesehatan Ginjal Anak Sejak Dini

Mengajak anak berolahraga adalah cara merawat kesehatan ginjal anak.

GridHEALTH.id - Banyak kebiasaan yang dipelajari oleh anak-anak dari orangtuanya, termasuk bagaiman pola makan dan gaya hidup orangtuanya dalam merawat kesehatan tubuh, termasuk ginjal seiring bertambahnya usia.

Kita dapat membantu anak kita melindungi ginjal mereka sejak usia dini. Berikut adalah tujuh aturan emas untuk mulai diikuti sekarang untuk memastikan kesehatan ginjal anak  di masa depan.

1. Lakukan olahraga/aktivitas/permainan secara teratur: Olahraga teratur dan aktivitas fisik dapat membantu anak kita merasa lebih baik, dan meningkatkan serta menjaga kesehatannya.

Aktivitas fisik membantu menjaga banyak bagian tubuh anak  tetap sehat, termasuk tulang, otot, jantung, dan ginjal mereka.

2.   Kurangi gula: Terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko diabetes seiring bertambahnya usia anak-anak.

Gula darah tinggi juga dapat membebani ginjal mereka. Diabetes adalah penyebab utama gagal ginjal pada orang dewasa.

Kita dapat menurunkan asupan gula anak  dengan mengurangi minuman manis, seperti soda, jus, dan minuman olahraga.

Camilan manis dan sereal juga harus dihindari sebisa mungkin. Banyak makanan lain juga bisa mengandung tambahan gula, seperti roti dan saus tomat, jadi pastikan untuk memeriksa label kandungan gulanya.

3. Jangan lupa minum sesuai kebutuhan: Menyajikan air sebagai pengganti minuman manis adalah cara yang baik untuk mengurangi gula.

Air penting untuk kesehatan ginjal yang baik dan membantu ginjal membuang limbah dari darah dalam bentuk urin.

Air juga membantu darah mengalir dengan bebas melalui ginjal dan seluruh tubuh.  Memastikan anak-anak minum cukup air itu penting, terutama saat mereka aktif saat cuaca hangat dan lembab.

4. Kurangi garam: Natrium dibutuhkan agar tubuh berfungsi, tetapi terlalu banyak natrium bisa berbahaya.