Find Us On Social Media :

Kulit Kering Jadi Gangguan yang Sering Dialami Lansia, Begini Cara Menanganinya

Lansia berpotensi mengalami kulit kering yang dapat berpengaruh pada kualitas hidupnya.

GridHEALTH.id -Xerosis (kulit kering) yang kerap terjadi pada usia lanjut / lansia, jika tidak ditangani dengan tepat, akan menurunkan kualitas hidup mereka.

Kulit kering pada lansia memang sering diabaikan karena dianggap sebagai hal wajar sehingga tidak perlu berkonsultasi dengan dokter.

Padahal, kulit kering bisa menjadi awal penyakit yang lebih berbahaya, atau bahkan menjadi tanda bahwa seseorang memiliki penyakit tertentu.

Kulit kering kerap membuat tekstur kulit menjadi kasar dan pecah-pecah, sehingga mempermudah bakteri masuk ke dalam tubuh.

Kulit kering juga bisa berujung menjadi Pruritus. Jika gatal Pruritus berlanjut lebih dari 6 minggu, maka berpotensi menjadi penyakit kronis lainnya.

Pruritus bahkan bisa mengganggu kualitas hidup seseorang, seperti mengganggu tidur danmenyebabkan kecemasan hingga depresi.

Karena itu, perlu dilakukan pengobatan sesegera mungkin ke dokter spesialis kulit dan kelamin sehingga tidak memicu penyakit lainnya.

Dokter Anthony Handoko, SpKK, FINSDV, CEO Klinik Pramudia mengatakan, “Sebagai Klinik Spesialis Kulit dan Kelamin yang terpercaya, Klinik Pramudia selalu berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi seluruh pasien terutama pasien lansia.

Karena kami sadar bahwa pasien lansia membutuhkan pelayanan kesehatan ekstra yang berbeda dari aspek medis dan non medis dibandingkan pasien pada umumnya.

Secara medis, keluhan kulit gatal dan kering pada pasien lansia tidak sesederhana seperti hanya diobati keluhannya saja, tetapi jauh lebih penting untuk mencari sumber penyakit yang mendasarinya,” katanya dalam memberikan sambutan saat acara virtual media briefing “Jangan Sampai Pruritus dan Kulit Kering Menurunkan Kualitas Hidup Usia Lanjut di Jakarta (03/11/2022).

Maka itu dokter Anthony meminta supaya jangan meremehkan bila lansia di rumah terlihat kulitnya kering dan mengeluh gatal karena dapat menyebabkan menurunnya kualitas hidup mereka. \

"Perlu ada diagnosis serta tatalaksana yang tepat dan benar dari dokter spesialis kulit dan kelamin. Menjadi sebuah kebanggaan bagi Klinik Pramudia jika kami bisa memperbaiki kualitas hidup para lansia, khususnya lewat tatalaksana bagi pruritus dan xerosis” tambahnya.