Find Us On Social Media :

Cara Mencegah Kanker Mulut Ala Rumahan, Masukkan 6 Hal Ini dalam Rutinitas Sehari-hari

Rutin sikat gigi akan menjaga kebersihan mulut, sehingga kuman seperti HPV yang bisa menyebabkan kanker mulut tidak berkembang.

GridHEALTH.id - Kasus kanker mulut di Indonesia memang terbilang tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan jenis-jenis penyakit kanker lainnya.

Data dari Globocan pada 2020, setidaknya ada 5.780 kasus baru dan sekitar 3.087 kasus kematian yang terjadi.

Namun, bukan berarti boleh menganggap penyakit kanker ini sebagai hal yang remeh. Karena bila penangananya kurang tepat, kondisi yang lebih serius akan terjadi.

Komplikasi kanker mulut

Mengutip Cleveland Clinic, kanker mulut yang tidak diobati atau penanganannya terlambat, berisiko menyebar ke seluruh mulut.

Bahkan bisa mencapai ke tenggorokan dan ke area lain di kepala, termasuk juga leher. Sekitar 63% orang yang terdiagnosis kanker ini masih hidup lima tahun setelah diagnosis.

Mencegah kanker mulut

Obat alami kanker mulut bisa dianggap sebagai langkah pencegahan sebelum kondisi yang lebih serius terjadi. Ada beberapa hal yang sebenarnya bisa dilakukan.

Mengubah pola hidup menjadi lebih baik dengan menjalani kebiasaan ini dalam kehidupan sehari-hari, dapat membantu mengurangi risiko terkena jenis penyakit kanker ini.

1. Konsumsi makanan sehat

Dilansir dari laman Mitra Keluarga, obat alami kanker mulut yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan yang digoreng atau panggang.

Baca Juga: Risiko Terkena Kanker Mulut Apabila Menggunakan Behel Tiruan