Find Us On Social Media :

Sekedar Mengingatkan, Jika Tidak Ingin Bau Badan Hindari Aneka Makanan Ini

Cabai raiwt salah satu makanan yang bisa sebabkan bau badan.

GridHEALTH.id - Siapa yang ingin bau badan, karenanya hindari aneka makanan berikut ini yang bisa sebabkan bau badna muncul.

Ketahuilah, banyak hal yang bisa memengaruhi bau badan, salah satunya makanan yang dikonsumsi.Menurut laman Cleveland Clinic, bau badan berasal dari semacam reaksi kimia, interaksi bakteri kulit dengan sekresi di area tersebut.

Jadi keringat yang kita keluarkan sejatinya tidak selalu memengaruhi bau badan. Buktinya tidak sedikit orang yang memiliki bau badan tidak sedap, meski tidak berkeringat. Juga ada orang yang berkeringat berlebihan tetapi tidak berbau.

Tapi tahukah jika makanan bisa mengubah bau badan, karena produk sampingannya akan dikeluarkan tubuh memalui keringat setelah dipecah tubuh.

Baca Juga: Diduga Korban Menganut Paham Apokaliptik, Jadi Misteri Soal Penemuan Mayat Satu Keluarga di Kalideres

Menurut laman Well and Good, berikut makanan yang bisa menjadi penyebab bau badan:1. Sayuran alliumSayuran allium adalah jenis sayuran yang kaya senyawa belerang.Sayuran allium ini meliputi keluarga bawang-bawangan, yaitu:* Bawang merah

Baca Juga: Ahli Penyakit Saraf negara-negara G20 Gelar N20, Isu yang Dibahas Termasuk Mahalnya Pengobatan Saraf di Indonesia

* Bawang bombai* Bawang putih* Daun bawangKeluarga bawang-bawangan ini mengandung senyawa belerang yang dapat larut dan masuk ke pori-pori, aliran darah, dan urin kita.Ini memberi kita bau mulut, kencing, serta bau badan karena bergabung dengan bakteri pada kulit.2. AsparagusAsparagus memiliki kesamaan dengan bawang-bawangan dalam memengaruhi bau badan dan kencingmu.Beberapa penelitian menunjukkan dua bahan kimia alami asparagus, methanethiol dan S-methyl thioester, setelah melalui proses pencernaan dapat memberikan urin bau belerang.3. Sayuran silanganJika kamu sedang meningkatkan asupan sayuran silangan, mungkin kamu akan mengalami perubahan pada bau badan, kentut, dan kotoranmu.Sayuran silangan, meliputi:

Baca Juga: Inilah Arti Munculnya Jerawat di Leher, Berbahayakah Bagi Kesehatan?

* Sayuran berdaun hijau* Kembang kol* Kubis BrusselHal ini karena sayuran silangan juga mengandung belerang, yang menyebabkan bau badan.Menurut ahli diet terdaftar Brigitte Zeitlin, makan sayuran silang yang dimasak dahulu dapat membantu mengurangi efek samping yang menyebabkan bau badanmu.4. Rempah-rempah yang kuatRempah-rempah yang memiliki cita rasa kuat juga teahh dikenal dapat menjadi penyebab bau badan tidak sedap.Rempah-rempah yang dimaksud tersebut, seperti:* Jinten atau bumbu kari* Cabai rawit* Lobak pedas (horseradish)

Baca Juga: Rendahnya Pemahaman Terkait Faktor Risiko Pneumonia, Prodia dan Pfizer Siap Bekerjasama Dalam Edukasi dan Layanan Vaksinasi Pneumonia

Rempah-rempah yang menambah rasa pedas pada makananmu dapat menyebabkan bau badanmu tidak sedap.Rempah-rempah ini secara alami memicu produksi keringat lebih banyak.5. Daging merahDaging merah adalah makanan umum lainnya yang diketahui menyebabkan bau badan.Mengutip Health, dalam sebuah penelitian kecil, peneliti membagi 17 pria dalam kelompok yang makan daging atau tidak makan daging selama dua minggu. Setelahnya, para pria bertukar kelompok.Wanita kemudian menganalisis bau badan dari ketiak pria itu di akhir setiap sesi.Hasilnya, bau badan pria saat menjalani diet vegetarian "lebih menarik, lebih menyenangkan, dan tidak menyengat".6. AlkoholSelain berbagai makanan, alkohol juga dapat menjadi penyebab bau badanmu tidak sedap.Tubuh mengidentifikasi alkohol sebagai racun, sehingga ketika alkohol terurai di dalam tubuh.Apa yang tidak dapat dimetabolisme oleh tubuh diekskresikan dalam jalur lain melalui proses yang disebut oksidasi.Proses oksidasi memecah racun menjadi asam asetat, karbon dioksida, dan air yang dihilangkan melalui keringat, urin, dan, pernapasan.(*)