Find Us On Social Media :

Hari Kesehatan Nasional, Pengobatan Asam Lambung Pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang menderita asam lambung dapat mengonsumsi obat lambung yang aman.

GridHEALTH.id- Meskipun sebagian besar wanita hamil dengan GERD/asam lambung tidak melaporkan adanya gejala mulas sebelumnya, salah satu faktor risiko GERD selama kehamilan adalah adanya GERD yang sudah ada sebelumnya.

Faktor risiko GERD lainnya selama kehamilan antara lain bertambahnya usia ibu dan penambahan berat badan, sehingga semakin berat badan pasien bertambah selama kehamilan, semakin tinggi risiko terkena GERD.

Seberapa aman untuk mengobati GERD pada pasien yang sedang hamil?Kecuali omeprazole, semua inhibitor pompa proton (PPI/proton pump inhibitors) diklasifikasikan sebagai obat kategori B oleh Food and Drug Administration (FDA) AS, yang berarti aman digunakan selama kehamilan.

Omeprazole saat ini diklasifikasikan sebagai obat kategori C (Penelitian pada hewan menunjukkan risiko tetapi penelitian pada manusia tidak memadai atau kurang atau tidak ada penelitian pada manusia atau hewan).

Namun, sejak peringkat kategori untuk omeprazole ditetapkan, banyak penelitian telah dipublikasikan yang menunjukkan bahwa omeprazole sama amannya dengan PPI lainnya untuk wanita hamil.

Misalnya, sebuah studi besar dari Denmark yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine pada tahun 2010 meneliti lebih dari 840.000 kelahiran dan tidak menemukan hubungan antara penggunaan PPI pada trimester pertama dan cacat lahir.

Dalam penelitian ini, omeprazole adalah PPI yang paling sering diresepkan. Dalam sebuah meta-analisis dari 7 studi yang diterbitkan pada tahun 2009, tidak ada bukti yang menghubungkan paparan PPI pada kehamilan dengan hasil yang merugikan seperti malformasi kongenital, aborsi spontan, atau persalinan prematur. Ketika data dianalisis secara terpisah untuk penggunaan omeprazole, tidak ada perubahan hasil.

Temuan yang paling menarik dari penelitian di Denmark tahun 2010 adalah adanya peningkatan risiko cacat lahir pada wanita yang melaporkan penggunaan PPI 1-4 minggu sebelum konsepsi.

Namun, penulis tidak dapat sampai pada kesimpulan yang sama ketika mereka memeriksa penggunaan omeprazole saja atau penggunaan PPI yang dijual bebas.

Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk menyimpulkan secara pasti apakah ada peningkatan risiko cacat lahir pada pasien yang menjalani terapi PPI sebelum hamil.Ada cukup data yang menunjukkan bahwa terapi PPI aman selama kehamilan—dan ini mencakup semua PPI, bahkan omeprazol.

Meskipun diberi label sebagai obat kategori C kehamilan oleh FDA, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa omeprazole aman pada wanita hamil, seperti yang telah dibahas di atas.

Baca Juga: Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil Tanpa Obat Kimia