Find Us On Social Media :

Healthy Move, Yoga Satu Menit Untuk Meredakan Ketegangan Leher, Rahang dan Dahi

Lakukan yoga mata untuk meredakan ketegangan di leher dan bahu setelah bekerja di depan komputer.

GridHEALTH.id - Setelah kita menghabisakan seharian menghabiskan waktu di depan layar komputer, melakukan yoga mata satu menit dapat meredakan ketegangan di leher, rahang, dan dahi.

"Kita  mungkin tidak pernah berpikir untuk melakukan serangkaian latihan bola mata di penghujung hari. Tapi, meski kelihatannya konyol, melatih mata Anda memiliki banyak manfaat.Sama seperti kita berbicara tentang fokus pada postur orang atau memperkuat kaki, berbicara tentang otot wajah kita — lidah kita, mata kita — sama pentingnya dengan bagian lain dari tubuh Anda, dan sering diabaikan," kata Anne Collins Duch, DPT, Terapi Fisik untuk Wanita di Delaware, Amerika Serikat.Orang-orang yang bekerja berjam-jam di depan komputer mereka dapat menderita sakit kepala, ketidaknyamanan leher, ketegangan mata, rahang mengatup, dan ketegangan di antara alis, kata Dr. Duch.

Untungnya, mengabdikan hanya satu atau dua menit untuk beberapa latihan bola mata, atau "yoga mata", dapat membantu kita menyadari di mana kita menahan ketegangan dan melepaskannya.Pasien Dr. Duch sering mengatakan kepadanya bahwa mereka mengalami kelegaan segera untuk rasa sakit dan nyeri biasa setelah menyelesaikan rutinitas latihan mata yang disarankannya untuk menghilangkan ketegangan.

Cara Menghilangkan Ketegangan Pada Leher

Latihan bola mata juga bisa menjadi cara unik untuk menenangkan sistem saraf kita, tambah Dr. Duch.

Mata kita sering menjadi salah satu bagian pertama dari tubuh kita yang merespons emosi. Saat kita gugup atau takut, mata kita melebar. Jadi mata juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk menenangkan sistem saraf kita saat kita sedang merasa cemas atau kewalahan.Duch merekomendasikan untuk menyelesaikan putaran latihan berikut dua sampai tiga kali sehari. Cobalah 5 latihan mata ini untuk meredakan ketegangan;

1. Kepala mengangguk

Pegang jari telunjuk tepat di depan, sedikit lebih dekat dari jarak lengan. Angkat dan turunkan dagu  secara perlahan tiga kali sambil tetap menatap jari telunjuk.

2. Kepala goyang

Baca Juga: Healthy Move, Posisi Yoga Ustrasana atau Pose Unta, Atasi Sakit Punggung Hingga Sembelit

Baca Juga: Hari Kesehatan Nasional, Pengobatan Ginjal Bengkak Pada Anak

Pegang jari telunjuk tepat di depan kita, sedikit lebih dekat dari jarak lengan. Perlahan putar kepala dari kiri ke kanan tiga kali sambil tetap menatap jari telunjuk.

3. Diagonal