Find Us On Social Media :

Jangan Langsung Digaruk, Atasi Dengan Obat Gatal Akibat Biduran

Biduran jangan digaruk. Gunakan obat cegah gatal karena biduran.

GridHEALTH.id - Biduran mengakibatkan gatal-gatal di kulit, cenderung muncul dan hilang dalam beberapa jam.

Beberapa orang mengalami satu serangan dan tidak pernah mengalami gatal-gatal lagi. Tetapi ada yang sering mengalami kekambuhan.

Jika  terus mengalami gatal-gatal setiap hari atau hampir setiap hari selama enam minggu atau lebih,  menderita gatal-gatal kronis. Istilah medis untuk ini adalah "urtikaria kronis".Bilamemiliki biduran kronis, pengobatan yang paling efektif seringkali bergantung pada jenis biduran yang miliki dan riwayat kesehatan kita.

Yang pasti, biduran jangan digaruk karena dapat menimbulkan luka di kulit yang malah dapat memperparah kondisi kulit.

Jika biduran sering terjadi, inilah yang direkomendasikan oleh dokter kulit;

1. Buatlah janji temu untuk menemui dokter kulit bersertifikat, ahli alergi, atau dokter perawatan primer. Kebanyakan orang yang mengalami gatal-gatal dinyatakan sehat, tetapi tetap bermanfaat untuk menemui dokter.

2. Pemeriksaan medis menyeluruh dapat membantu menyingkirkan kemungkinan penyebabnya, seperti infeksi atau obat-obatan, yang dapat menyebabkan gatal-gatal.

3. Mungkin juga penyakit, seperti kondisi tiroid, rheumatoid arthritis, atau diabetes menyebabkan gatal-gatal.

Jika tanda-tanda menunjukkan bahwa ini mungkin penyebabnya, tes medis dapat menemukan atau mengesampingkan penyebab ini.

4. Walaupun obat-obatan dan kondisi medis dapat menyebabkan gatal-gatal, ada banyak penyebab lainnya, termasuk makanan, gigitan serangga, dan tekanan pada kulit. Terkadang, tidak mungkin menemukan penyebabnya.

Jika itu terjadi, dokter kulit masih dapat merekomendasikan perubahan gaya hidup dan meresepkan obat yang dapat membantu mengurangi kekambuhan.

Baca Juga: Penjelasan Biduran Boleh Mandi Atau Tidak, Ini Dia Alasannya!