Find Us On Social Media :

Apakah Aman Ibu Menyusui Minum Antibiotik? Ini Jawabannya

Jangan khawatir ada antibiotik untuk ibu menyusui yang aman.

GridHEALTH.id - Jika seorang ibu menyusui diberi resep antibiotik, mungkin ia khawatir, bukan kepada dirinya, tetapi apakah akan berdampak pada bayinya lewat ASI.

Hal ini bisa menimbulkan stres tersendiri dan bisa dimengerti. Tetapi dalam kebanyakan kasus, antibiotik aman untuk ibu menyusui dan bayinya.“Antibiotik adalah salah satu obat yang paling umum diresepkan oleh ibu, dan semuanya masuk ke dalam susu,” jelas Academy of American Pediatrics (AAP).

Pada saat yang sama, AAP menambahkan: “Secara umum, jika antibiotik akan diberikan langsung kepada bayi prematur atau neonatus, maka aman bagi ibu untuk meminumnya selama menyusui.”

Jadi apa artinya ini bagi ibu menyusui dan bayinya?

Pertama, penting untuk diingat bagaimana obat umumnya bekerja saat kita sedang menyusui.Seperti yang dijelaskan oleh Mayo Clinic, sebagian besar obat yang ada di aliran darah juga akan ada di ASI.

Namun, jumlah dalam ASI  biasanya lebih rendah daripada jumlah dalam darah, dan sebagian besar obat tidak menimbulkan risiko nyata bagi sebagian besar bayi.Namun, Mayo Clinic juga mencatat bahwa ada pengecualian, dan dengan demikian, setiap obat yang kita minum, termasuk antibiotik, harus seizin dokter. Terutama dokter ibu.

Selain obat itu sendiri, ada faktor lain yang perlu diperhatikan, termasuk usia bayi Anda. Paparan antibiotik akan menimbulkan risiko lebih besar pada bayi prematur dan bayi baru lahir, dibandingkan dengan bayi dan balita yang lebih tua, jelas Mayo Clinic.Dan lagi, jika bayi  dapat meminum antibiotik dengan aman, kemungkinan besar aman untuk meminumnya saat menyusui.

Baca Juga: Penyebab dan Solusi Cara Mengatasi Rambut Rontok Selama Menyusui

Baca Juga: Jenis Makanan dan Minuman yang Wajib Dipantang Penderita Asam Urat

Antibiotik apa yang aman?

Pertanyaan ini sering dipertimbangkan berdasarkan kasus per kasus tergantung pada usia, berat badan, dan kesehatan bayi secara keseluruhan, dan selalu berkonsultasi dengan dokter anak (bayi) dan dokter ibu.Namun, Mayo Clinic mencantumkan beberapa antibiotik yang umumnya dianggap aman untuk ibu menyusui, antara lain:

- Penisilin, termasuk amoksisilin dan ampisilin

- Sefalosporin, seperti sefaleksin (Keflex)

- Flukonazol (Diflucan), ini bukan antibiotik tetapi antimikroba umum yang digunakan untuk mengobati infeksi jamur