Find Us On Social Media :

Ini Jenis Obat Biduran Orang Dewasa yang Tersedia di Apotek

Obat biduran orang dewasa dapat dibeli di apotek. Namun sebagian besar harus dengan resep dokter.

GridHEALTH. id - Biduran mengakibatkan gatal-gatal di kulit, cenderung muncul dan hilang dalam beberapa jam.

Beberapa orang mengalami satu serangan dan tidak pernah mengalami gatal-gatal lagi. Tetapi ada yang sering mengalami kekambuhan.

Jika  terus mengalami gatal-gatal setiap hari atau hampir setiap hari selama enam minggu atau lebih,  menderita gatal-gatal kronis. Istilah medis untuk ini adalah "urtikaria kronis". Bilamemiliki biduran kronis, pengobatan yang paling efektif seringkali bergantung pada jenis biduran yang miliki dan riwayat kesehatan kita.

Yang pasti, biduran jangan digaruk karena dapat menimbulkan luka di kulit yang malah dapat memperparah kondisi kulit.

Obat Biduran yang Tersedia di Apotik

Ada baiknya segera ke dokter untuk mendapatkan perawatan. Tetapi sebagai pengetahuan, ada obat gatal biduran kronis yang dapat dibeli di apotek, seperti dikutip dari Honest Doc;

1. Antihistamin

Urtikaria kronis juga diobati dengan obat antihistamin. Namun, kita perlu menyiapkannya secara teratur sehingga apabila biduran muncul sewaktu-waktu kita bisa langsung menggunakannya. Dosis dapat ditingkatkan jika gejala tidak merespons dengan dosis yang biasanya digunakan. Dengan peningkatan dosis, seringkali bisa membantu mengendalikan gejala yang tidak merespons terhadap pengobatan sebelumnya. Tetapi obat ini hanya boleh digunakan di bawah pengawasan dokter.

2. Krim menthol

Krim menthol bisa digunakan sebagai alternatif atau tambahan antihistamin karena membantu meringankan gatal. Konsultasikan dengan dokter mengenai jenis produk yang direkomendasikan untuk kita.

3. Tablet kortikosteroid

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi

Baca Juga: Hari Kesehatan Nasional, Cara Membuat Obat Tradisional Untuk Atasi Asam Urat

Terkadang, serangan biduran atau urtikaria yang lebih serius dapat diobati dengan tablet kortikosteroid dosis pendek, seperti prednisolon. \

Kemungkinan efek samping tablet kortikosteroid meliputi peningkatan nafsu makan dan kenaikan berat badan, perubahan mood, dan kesulitan tidur (insomnia).

Sekali lagi, obat biduran jenis steroid ini harus digunakan sesuai resep dokter. Penggunaan kortikosteroid jangka panjang untuk urtikaria kronis tidak dianjurkan karena alasan di atas.