Find Us On Social Media :

Obat Tradisional Asam Urat dari Bahan Bumbu Dapur, Coba Khasiatnya

Kunyit, bumbu dapur yang sering dijadikan obat tradisional asam urat.

GridHEALTH.id - Dokter sekaligus Konten Kreator, dr. Ema Surya Pertiwi mengatakan, kelebihan asam urat dapat menyebabkan munculnya berbagai gejala yang dialami. Beberapa gejala yang sering muncul akibat kelebihan asam urat seperti nyeri pada kaki, linu pada sendi, dan lain-lain.

Obat Tradisional Untuk Atasi Asam Urat

Meski demikian, asam urat bisa diturunkan melalui makanan yang dikonsumsi orang tersebut. Dikutip dari kanal Youtube Emasuperr, berikut lima bumbu dapur yang dapat menurunkan produksi asam urat.

1. Kunyit

Kunyit mengandung flexofytol yang membantu mengatasi peradangan karena asam urat. Dengan mengonsumsi kunyit, seperti jamu dapat membantu menurunkan rasa sakit peradangan akibat asam urat. Untuk kunyit,  kita dapat mengonsumsinya sekitar 500 mg dua kali sehari.

2. Kayu manis

Kayu manis seringkali dijadikan sebagai bahan perasa pada makanan. Rupanya, kayu manis dapat membantu menghambat katalis yang membentuk asam urat dalam tubuh.

Minyak kayu manis dengan dosis 600 mg setara dengan obat allopurinol yang membantu menurunkan asam urat di area hati.Kayu manis juga dipercaya dapat menjadi antiinflamasi pembengkakan sehingga membantu peradangan atau pembengkakan karena asam urat.

Tidak hanya itu, kayu manis membantu menurunkan gula darah pada tubuh. Hal tersebut yang membantu menurunkan risiko degradasi purin yang menyebabkan pembentukan asam urat.

3. Jahe

Jahe dipercaya dapat meredakan nyeri peradangan akibat asam urat. Jahe mengandung gingerol, gingerdione, dan zingeron yang menjadi antiinflamasi untuk mencegah pembengkakan pada tubuh akibat asam urat.

Ketika kadar asam urat tinggi, kita mungkin mengalami gejala asam urat yang menyakitkan di telapak kaki, siku, dan lutut.

Baca Juga: Hari Kesehatan Nasional, Cara Membuat Obat Tradisional Untuk Atasi Asam Urat

Baca Juga: Atasi Bakteri Penyebab Penyakit dengan 5 Antibiotik Alami Berikut Ini

Akar jahe membantu mengurangi kadar asam urat dan menurunkan risiko terkena asam urat jika kita meminumnya secara teratur.

Rebus jahe dalam air mendidih. Saring, lalu minum selagi hangat. Cara lain adalah dengan membuat pasta dari akar jahe yang dicampur dengan air biasa dan dioleskan ke area yang terkena. Biarkan selama sekitar 30 menit.