Find Us On Social Media :

Hari Kesehatan Nasional, Skrining Sejak Dini Cegah Penyakit Diabetes

Skrining sejak dini penyakit diabetes dapat menghindari kita dari komplikasi.

GridHEALTH.id - Skrining sejak dini diabets adalah kunci karena pengobatan dini dapat mencegah komplikasi serius.

Ketika ditemukan masalah gula darah, dokter dan pasien dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah kerusakan permanen pada jantung, ginjal, mata, saraf, pembuluh darah, dan organ vital lainnya.Dengan tes sederhana untuk deteksi dini, pasien dapat melakukan perubahan untuk membalikkan diabetes dan bahkan mengalami remisi. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut.

Mengapa Skrining Diabetes Diperlukan Sejak Dini?

Perawatan diabetes sering berfokus pada pengobatan kondisi tersebut. Meskipun pengobatan itu penting, deteksi dini meningkatkan potensi perubahan yang efektif di awal proses penyakit.Sebuah artikel di jurnal Current Opinion in Endocrinology, Diabetes and Obesity mengakui bahwa ada banyak alasan mengapa skrining sejak dini diabetes dapat bermanfaat bagi individu dan sistem kesehatan, karena menciptakan peluang untuk mengobati gula darah tinggi dan risikonya.

faktor penyakit jantung yang sering muncul bersamaan dengan diabetes. Individu yang tidak tahu bahwa ada sesuatu yang salah dapat menderita efek jangka panjang seperti penyakit kardiovaskular dan stroke.Selain itu, diabetes yang tidak terdiagnosis sering mengakibatkan komplikasi yang berpotensi dapat dicegah dan mahal. Menginap di rumah sakit dapat dihindari jika pasien menyadari penyakitnya dan bekerja untuk mengelolanya.Diabetes bisa mahal. Perkiraan biaya hidup dengan diabetes adalah puluhan juta rupiah per tahun. Ini mencakup obat resep, persediaan pengujian diabetes, janji dengan dokter, dan perawatan rumah sakit. Biaya pengobatan meningkat drastis ketika kunjungan ruang gawat darurat diperlukan untuk komplikasi diabetes yang tidak terkelola.

Apa itu Diabetes?

Diabetes adalah penyakit di mana tubuh kita tidak mampu secara efisien mengubah makanan yang kita makan menjadi energi.

Gula kemudian menumpuk di aliran darah. Oleh karena itu, timbul dua masalah, sel tidak mendapatkan energi yang mereka butuhkan, dan gula menumpuk di dalam darah.

Baca Juga: Berita Kesehatan Diabetes: Cokelat dan Daging Sapi Bantu Kontrol Gula Darah Untuk Penderita Diabetes

Baca Juga: Kanker Usus Besar Serang Usia Muda, Ini Gejala dan Cara Mencegah

Gula darah tinggi, yang dikenal sebagai hiperglikemia, menyebabkan kerusakan pada jaringan dan organ tubuh. Artinya, inilah mengapa diabetes adalah kondisi serius yang bisa berbahaya.Biasanya saat kita makan, tubuh memecah makanan menjadi molekul gula, yang disebut glukosa.

Setelah itu, partikel masuk ke aliran darah dan kadar glukosa darah  naik, menandakan pankreas melepaskan insulin. Insulin adalah hormon yang memberi tahu sel-sel tubuh untuk membiarkan glukosa masuk.Pada diabetes, pankreas  tidak membuat insulin dengan benar, atau sel-sel tubuh  tidak bereaksi terhadap insulin sebagaimana mestinya.

Akibatnya, glukosa tetap berada di dalam darah, itulah sebabnya penderita diabetes mengalami gula darah tinggi atau disebut juga hiperglikemia. Seiring waktu, hiperglikemia dapat merusak saraf dan pembuluh darah.

Bagaimana Diagnosis Diabetes?

Tes darah dapat menentukan apakah seseorang menderita diabetes. Dokter biasanya menggunakan dua tes untuk memeriksa diabetes.Tes hemoglobin terglikasi, yang dikenal sebagai tes hemoglobin A1c (HbA1c), mengukur bentuk hemoglobin terglikasi untuk menentukan rata-rata gula darah tiga bulan.