Find Us On Social Media :

BPOM Keluarkan 294 Obat Sirup yang Aman Digunakan Sesuai Aturan Pakai, OBH Combi Termasuk di Dalamnya

OBH Combi menjadi salah satu dari 156 obat sirup yang telah dikeluarkan oleh Kemenkes dan aman digunakan sesuai dengan aturan pakai.

GridHEALTH.id – Gagal ginjal akut pada anak telah menyita perhatian seluruh masyarakat dalam waktu satu bulan terakhir, setelah ditemukan penambahan kasus yang signifikan di sejumlah daerah.

Orangtua pun khawatir, mengingat penyebab dari penyakit ini saat itu belum jelas, hingga pemerintah melalui Kemenkes menyatakan pelarangan penggunaan semua jenis obat sirup di masyarakat, khususnya pada anak.

Setelah ditelusuri dan dilakukan penelitian, Kemenkes bersama dengan berbagai Lembaga terkait, termasuk Badan POM menemukan adanya obat sirup dengan cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang membuat anak keracunan obat dan mengalami gagal ginjal akut.

Perkembangan Kasus Gagal Ginjal Akut di Indonesia

Berdasarkan perkembangan terkini dari kasus gagal ginjal akut yang disampaikan oleh Juru Bicara Kemenkes, dr. Syahril yang mengatakan,“Sejak dua minggu yang lalu sampai sekarang, tidak ada lagi penambahan kasus, jadi total ada 324 kasus tercatat dari 27 provinsi dan saat ini yang masih dirawat tinggal 11 orang,” dikutip dari YouTube FMB9ID_IKP pada Kamis lalu (24/11/2022).

“Ini merupakan upaya bersama dimana angka penambahan tidak ada dan juga tidak ada angka kematian lagi, yang ada adalah angka kesembuhan, itu update terakhir,” lanjutnya.

Penurunan drastis kasus baru dari gagal ginjal akut di Indonesia terjadi setelah pelarangan penggunaan obat sirup pada anak.

“Jadi berdasarkan rilis dari WHO, adanya zat kimia di pasien, bukti biopsi yang menunjukkan kerusakan ginjalnya karena zat kimianya ini, dan keempat adanya zat kimia ini di obat-obatan yang ada di rumah pasien, kita menyimpulkan bahwa benar penyebabnya adalah obat-obat kimia yang merupakan cemaran atau impuritis dari pelarut ini,” tegas Menkes Budi Gunadi dalam keterangan persnya yang dikutip dari YouTube FMB9ID_IKP.

Kenali 156 Obat Sirup yang Aman Digunakan Sesuai Anjuran Kemenkes

Berikut ini daftar obat sirup yang aman digunakan sesuai anjuran Kemenkes: