Find Us On Social Media :

Belajar Dari Kasus KLB Polio di Pidie, Tidak Boleh Ada Lagi Anak Indonesia yang Tidak Diimunisasi Polio, Jangan Takut KIPI!

Pemberian vaksinasi massal Polio pada anak dilakukan secara bertahap.

GridHEALTH.id – Belum lama ini Indonesia kembali masuk dalam kategori KLB polio setelah ditemukan tiga kasus polio pada November 2022 lalu.

Kasus pertama ditemukan di Kabupaten Pidie, Aceh, kemudian dilakukan penelusuran epidemiologi di sekitar lokasi kasus pertama dengan melalui pemeriksaan tinja 19 anak sehat dan bukan kontak dari kasus yang berusia di bawah 5 tahun.

Berdasarkan keterangan pers Kemenkes pada 24 November 2022, Juru Bicara Kemenkes, dr. Syahril menyampaikan dari pemeriksaan terhadap 19 anak, didapati tiga anak positif virus polio.

Virus polio dengan cepat menyebar melalui saluran cerna, sementara masih ada masyarakat yang melakukan aktivitas BAB di sungai bukan jamban, kondisi ini membahayakan karena berpotensi terjadi penularan dengan cepat.

Vaksin Massal Sebagai Respons Kasus KLB Polio di Pidie

Dengan ditemukannya kasus polio di Pidie, Aceh ini, diadakan vaksin massal kepada seluruh anak di Provinsi Aceh.

Upaya ini terbagi ke dalam dua kegiatan, yaitu Sub PIN (Pekan Imunisasi Nasional) 1 pada tanggal 28 November 2022 di Kabupaten Pidie, lalu pada tanggal 05 Desember 2022 di Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie Jaya, Bireun, Aceh Utara, dan Sabang.

Kemudian mulai pada tanggal 12 Desember 2022 diadakan Sub PIN 1 di Kabupaten atau Kota lainnya di Provinsi Aceh.

Selanjutnya kegiatan Sub PIN 2 dilanjutkan untuk seluruh Provinsi Aceh akan kembali mulai diadakan pada minggu ketiga dan keempat Januari 2023.

Masing-masing putaran Sub PIN dilaksanakan dalam waktu satu minggu dengan jarak minimal antar putaran adalah satu bulan.

Target cakupan anak yang diimunisasi adalah sekurang-kurangnya 95% untuk masing-masing putaran, dengan sasaran seluruh anak usia nol bulan sampai dengan 12 tahun, termasuk masyarakat pendatang dan tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Baca Juga: Pakar Ingatkan Pentingnya Vaksinasi dan PHBS untuk Mencegah Polio

Capaian ini sangat penting diperhatikan karena penyakit polio sangat berbahaya bagi anak, dimana dampaknya seumur hidup dan permanen pada anak, yang menyebabkan kelumpuhan dan belum ada obatnya.

Imunisasi & PHBS Jadi Kunci Anak Indonesia Bebas Polio

Satu-satunya cara untuk mencegah terjadi kasus polio kembali terjadi adalah dengan imunisasi dan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat).