Find Us On Social Media :

Apakah Kapalan Hanya Muncul di Kaki? Simak Cara Menghilangkannya

Rutin rendam kaki di air dapat memberikan kelembapan untuk menghindari kapalan di kaki.

GridHEALTH.id - Kapalan adalah area kulit mati yang tebal dan keras yang biasanya muncul di kaki dan tangan. Kapalan disebabkan oleh gesekan berulang dan/atau tekanan pada area yang terkena.Ada sejumlah alasan mengapa kulit di kaki bisa membentuk kapalan. Beberapa di antaranya:

- Mengenakan sepatu yang tidak pas

- Bertelanjang kaki

- Berjalan tanpa kaus kaki

- Memiliki kondisi medis seperti bunion (benjolan tulang di pangkal jempol kaki), taji tulang (penonjolan tulang di sepanjang tepi tulang), atau hammertoes (bengkok atau tekuk abnormal pada sendi tengah jari kaki)

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki

Ada beberapa cara untuk menghilangkan kapalan kaki. Ini termasuk:

- Rendam kaki  dalam air sabun yang hangat selama lima hingga 10 menit. Ini akan membantu melembutkan kulit dan membantu meredakan rasa sakit atau ketidaknyamanan yang mungkin dialami. Kita juga bisa merendam kaki di bak mandi garam Epsom.

- Cobalah asam salisilat: Pilih produk asam salisilat 17% yang dijual bebas. Terapkan ke kalus selama tiga sampai tujuh hari berturut-turut. Kita tidak boleh menggunakan produk ini jika memiliki masalah medis yang mendasarinya.

- Oleskan krim atau losion pelembab: Temukan produk dengan atau tanpa asam salisilat, amonium laktat, atau urea. Bahan-bahan ini sangat membantu dalam melembutkan kapalan.

- Gunakan batu apung: Dengan menggunakan tekanan lembut, kikis kalus dengan batu apung. Berhati-hatilah untuk tidak membuang terlalu banyak kulit, karena dapat menyebabkan rasa sakit dan infeksi.

Baca Juga: Ini Dia, 5 Rekomendasi Salep Terbaik Untuk Kaki Kapalan

Baca Juga: Kulit Gatal Akibat Biduran Saat Hamil, Apa Obat yang Aman Diberikan?