Find Us On Social Media :

Ternyata Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Mata dan Kaki, Simak di Sini!

Inilah salah satu tanda kolesterol tinggi yang dapat dilihat dari kulit bagian mata, disebut Xanthelasma.

GridHEALTH.id - Kolesterol tinggi bisai mematikan dan mengakibatkan kematian mendadak. Dalam kebanyakan kasus henti jantung mendadak, arteri tersumbat oleh kolesterol dan endapan lain yang mengurangi aliran darah ke jantung.

Gaya hidup tidak aktif,  makan banyak makanan berlemak, tidak berolahraga, minum atau merokok pada akhirnya dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Orang dengan kondisi kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes lebih berisiko terkena kolesterol tinggi.

Tanda-tanda Kolesterol Menyerang

Kolesterol tinggi umumnya tidak menunjukkan gejala apa pun, tetapi kadarnya dapat dipantau dengan tes darah sederhana. Seseorang juga dapat menemukan tanda-tanda halus kolesterol pada kulit."Pada kebanyakan orang, kolesterol tinggi tetap tidak aktif dan tidak ditemukan sampai di kemudian hari dalam bentuk arteri yang tersumbat. Jika Anda memperhatikan kesehatan Anda, Anda akan melihat bahwa alam memberi Anda sinyal halus yang dapat Anda lihat pada kulit Anda untuk tinggi kolesterol," kata Dr. Rinky Kapoor, Konsultan Dokter Kulit, Ahli Dermatologi Kosmetik & Ahli Bedah Kulit, The Esthetic Clinics di Mumbai, India.Inilah tanda kolesterol yang harus diwaspadai:

- Pola seperti jaring pada kulit yang berwarna biru atau ungu pada kulit.

Ini muncul saat cuaca dingin. Ini bisa menjadi indikasi sindrom embolisasi kolesterol yang menunjukkan penyumbatan di arteri.

- Xanthelasma.

Yaitu, pertumbuhan lilin oranye kekuningan di sekitar sudut mata. Hal ini disebabkan karena adanya endapan kolesterol di bawah kulit.

- Xanthoma.

Mirip dengan Xanthelasma tetapi pertumbuhan ini dapat terjadi pada punggung kaki bagian bawah, dan telapak tangan. Mengontrol kolesterol akan membantu menghilangkan tambalan ini.

- Psoriasis.

Penelitian terbaru telah membangun hubungan antara psoriasis dan kadar kolesterol tinggi. Ini dikenal sebagai hiperlipidemia.

- Perubahan warna kulit dan peningkatan kekeringan kulit.

  Hal ini terjadi karena kadar kolesterol yang tinggi dapat menurunkan aliran darah di bawah kulit.

Sel kulit tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dan warna kulit berubah. Jika kita berdiri dalam waktu lama, kaki mungkin berubah menjadi ungu, jika kaki diangkat, kulit bisa menjadi pucat.

Baca Juga:  Mandi Air Hangat Bantu Turunkan Kolesterol dan Kadar Gula Darah