Find Us On Social Media :

Kaleidoskop 2022, Pengobatan Herbal Populer yang Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas Lawan Covid-19

Kaleidoskop 2022, kenali obat alami tradisional yang dapat dijadikan sebagai pendukung peningkatan imunitas lawan infeksi virus, termasuk Covid-19.

GridHEALTH.id – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak beberapa tahun terakhir membuat banyak perubahan dalam masyarakat, termasuk gaya hidup yang dijalankan.

Pada awal kehadiran virus ini, banyak masyarakat yang masih takut, bingung, dan khawatir, namun seiring berjalannya waktu, masyarakat sudah mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru di era pandemi ini.

Semua orang berjuang untuk bertahan agar tidak terkena atau dapat sembuh dari virus ini, mari mengulas dan merangkum kembali pengobatan pandemi Covid-19.

Berikut ini ulasan mengenai beragam jenis obat alami yang Populer untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan penyakit, termasuk pandemi Covid-19, selama 2022.

Peran Obat Alami di Indonesia

Obat alami yang berasal dari tanaman sudah sejak ribuan tahun lalu dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu cara pengobatan, yang dikenal dengan obat tradisional atau obat herbal.

Melansir penjelasan dari Prof. Dr. apt. Berna Elya, M,Si., selaku Guru Besar FFUI dalam laman ui.ac.id (11/09/2021) dikatakan, obat herbal atau tradisional adalah ramuan atau olahan bahan alami, baik tumbuhan, hewan, atau campurannya yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan.

Saat Covid-19 melanda, eksistensi dari penggunaan herbal kembali meningkat karena masyarakat berkeinginan meningkatkan imunitas tubuh, melalui obat alami.

Meski bersifat pendukung tetapi juga penting karena berkaitan langsung dengan sistem imun.

Sebab sistem imun manusia sangat bergantung pada nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, sehingga saat nutrisi tersebut kurang maka dapat menurunkan efektivitas sistem imun, inilah yang membuat seseorang mudah terkena infeksi.

Obat Alami Populer Digunakan Selama Pandemi Covid-19

Merangkum dari beberapa sumber, berikut ini beberapa formula obat alami yang digunakan untuk mencegah dan mengobati gejala ringan Covid-19, yaitu:

1. Formula 1

Terdiri dari jahe merah (dua ruas jari), jeruk nipis (satu buah), kayu manis (tiga jari), gula merah (secukupnya), dan air (tiga cangkir).

Manfaat dari formula ini adalah untuk menghangatkan tubuh hingga meredakan nyeri, cocok untuk gejala ringan Covid-19 seperti flu.