Find Us On Social Media :

Kaleidoskop Penyakit 2022, Penyakit Tidak Menular Tetap Menjadi Momok

Stroke, salah satu penyakit tidak menular penyebab kecacatan dan kematian.

GridHEALTH.id - Penyakit Tidak Menular (PTM) atau biasa juga disebut sebagai penyakit degeneratif

Penyakit tidak menular menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat karena tingkat morbiditas dan mortalitas yang tinggi secara global, merupakan jenis penyakit yang tak bisa ditularkan oleh penderita ke orang lain, jenis penyakit ini berkembang secara perlahan dan terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

Persoalan penyakit tidak menular (PTM) masih menjadi masalah kesehatan yang utama di Indonesia.

Menurut Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, penyakit tersebut menyumbang kasus kematian terbanyak di Indonesia. Padahal sebenarnya, kematian akibat PTM dapat dicegah.

"Saat ini, sebagian besar kematian yang disebabkan PTM yang terjadi di Indonesia merupakan kasus yang dapat dicegah," kata Dante dalam Roche Innovation Day, Sabtu (10/12/2022).

Sebagai rincian, PTM yang menyebabkan kasus kematian terbanyak di Indonesia di antaranya stroke, penyakit jantung koroner, penyakit jantung hipertensi dan kanker.

Istilah-istilah lain dalam penyebutannya yang bervariasi diantaranya :

- Penyakit Kronis : Penyakit yang menurunkan kondisi penderitanya  secara bertahap dalam waktu yang lama atau menahun dan umumnya mengindikasikan para pengidapnya menderita penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian.

-  Penyakit Non Infeksi : Penyakit yang disebabkan bakteri, virus, parasit, jamur, dan mikroorganisme lainnya, dan ditemukan pada sel dalam diri individu yang tumbuh secara tak normal.

- Non Communicable Disease : Penyakit yang disebabkan oleh infeksi dan tidak dapat ditularkan ke orang lain.

- Penyakit Degeneratif: Merupakan jenis penyakit yang muncul akibat perubahan fungsi sel-sel pada tubuh yang mempengaruhi fungsi organ, penyakit degenerative juga dapat muncul akibat perubahan usia.

Penyakit Tidak Menular Butuh Pembiayaan yang Besar

Baca Juga: Keterkaitan Penyakit Hipertensi dengan Stroke, Gejala Serta Pengobatannya