Find Us On Social Media :

Pola Hidup Sehat yang Wajib Dijalankan Penderita Crohn's Disease

Pola hidup sehat bagi penderita penyakit Crohn, antara lain menghindari makanan pemicu kekambuhan.

GridHEALTH.id - Hidup dengan penyakit Crohn terkadang sulit, tetapi tidak ada alasan kita tidak dapat memiliki kehidupan normal jika gejala kita terkontrol dengan baik.Tidak ada diet khusus untuk orang dewasa dengan penyakit Crohn, tetapi anak-anak terkadang memerlukan diet cair khusus untuk mengendalikan gejalanya. Ini bertujuan untuk memiliki pola makan yang sehat dan seimbang.Beberapa pasien penyakit Crohn menemukan bahwa makanan tertentu tampaknya memperburuk gejala mereka.

Menghindari makanan tersebut bisa membantu penderita menjalani kehidupan dengan lebih baik. Tetapi sebaiknya bicarakan dengan dokter terlebih dulu, tentang pola makan yang sehat.

Pola Hidup Sehat Penderita Crohn's Disease

Berikut adalah anjuran pola hidup sehat yang wajib dijalankan penderita Crohn's disease, dikutip dari Crohn and Colitis Foundation:

1. Patuhi pola makan yang disarankan dokter, termasuk menghindari makanan yang dapat memicu kekambuhan.

2.  Berhenti merokok dapat mengurangi risiko kekambuhan.

3.  Kita mungkin perlu berhati-hati dalam mengonsumsi beberapa obat farmasi jika menderita penyakit Crohn.Beberapa obat farmasi dapat memicu gejala dan yang lain dapat menghentikan obat penyakit Crohn  bekerja dengan baik.Misalnya, obat penghilang rasa sakit anti-inflamasi seperti ibuprofen dapat memperburuk gejala beberapa orang.Mintalah saran dari apoteker, dokter, atau tim perawatan sebelum meminum obat yang dibeli dari apotek, termasuk obat untuk meredakan kram perut atau diare (seperti loperamide).

Baca Juga: Penyakit Crohn, Seberapa Bahayakah Penyakit Ini Bila Terjadi Pada Anak-anak?

Baca Juga: Jangan Musuhi Kolesterol, Karena Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

4. Lakukan suntikan flu setiap tahun karena penderita penyakit Crohn lebih berisiko terkena infeksi seperti flu jika dirawat dengan:

- obat imunosupresan – seperti azathioprine, methotrexate dan mercaptopurine

- obat biologis – seperti adalimumab dan infliximab

Selain vaksin flu, perlu juga dilakukan vaksinasi pneumokokus satu kali. Tapi hindari vaksin hidup, seperti vaksin MMR, karena bisa membuat kita sakit.