Find Us On Social Media :

Kaleidoskop Penyakit 2022, Sudah Lama Dinyatakan Hilang dari Indonesia, Tiba-tiba Polio Muncul Lagi, Kasus Pertama di Aceh

Satu anak di Aceh dilaporkan terinfeksi virus polio tipe 2.

GridHEALTH.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio menyusul ditemukannya satu kasus polio di Kabupaten Pidie, Aceh.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, meski ditemukan hanya satu kasus, penetapan KLB dilakukan karena Indonesia sudah mendapatkan sertifikat eradikasi polio (Indonesia bebas Polio) tahun 2014.

"Karena Indonesia sudah nyatakan eradikasi tapi ternyata ada (muncul) virus polio liar apalagi virus (polio) tipe 2 yang dianggap sudah enggak ada lagi," kata Maxi dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Sabtu (19/11/2022).

Ia kemudian menjelaskan soal temuan di Pidie Aceh yang menimpa anak berusia 7 tahun. Menurutnya, penderita polio tersebut belum menerima vaksinasi apapun sehingga Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) tidak terpenuhi.

Ia mengatakan, ada sejumlah alasan mengapa orangtua tidak memberikan anaknya vaksinasi Polio. Pertama, karena takut.

Selain itu, belum paham pentingnya vaksinasi polio untuk anak-anak. "Ada juga karena suaminya enggak mau kasih sebelum turun tanah atau (anak tersebut bisa) jalan, enggak boleh. Ada masalah kepercayaan yang mengasuh juga belum paham tentang vaksinasi dan imunisasi," jelas Maxi.

Seperti diketahui, polio merupakan penyakit yang menyebabkan kelumpuhan namun bisa dicegah dengan imunisasi. Imunisasi polio perlu diberikan sebanyak empat kali, yaitu saat bayi baru lahir dan ketika bayi berusia 2, 3, serta 4 bulan.

Menurut data Kemenkes, pada 2021 cakupan imunisasi polio dosis 4 pada bayi di Indonesia hanya 80,7%. Angka ini turun dari tahun sebelumnya yang sebesar 87%.

Dalam lima tahun terakhir, cakupan imunisasi polio ini telah turun dua tahun belakangan setelah mencapai angka tertingginya pada tahun 2019 yang mencapai 94,2%.

Data Kemenkes juga menunjukkan cakupan imunisasi polio di Aceh merupakan yang terendah kedua di skala nasional, yaitu hanya 50,8% dari total bayi lahir hidup di provinsi tersebut pada 2021.

Baca Juga: Kaleidoskop Penyakit 2022, Masalah Gizi Buruk Pada Balita Masih Jadi Pekerjaan Rumah

Baca Juga: Deretan Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Darah Rendah