Find Us On Social Media :

Merasakan Sakit Pinggang Bagian Samping, Tanda dari Batu Ginjal? Simak 7 Tanda Ini

Ada beberapa tanda yang menunjukan bahwa batu ginjal sudah terbentuk dalam tubuh

GridHEALTH.id – Rasa sakit yang sangat menyiksa di daerah perut hingga pinggang bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satu yang luput diperhatikan adalah terkait kesehatan ginjal.

Ginjal sehat yang tidak dijaga dengan baik akan berisiko menyebabkan penurunan fungsi ginjal. Salah satu penyakit umum yang berkaitan dengan ginjal adalah batu ginjal.

Sebelum terlambat, kenali berikut ini tanda-tanda batu ginjal yang perlu diperhatikan. Simak ulasannya berikut ini.

Batu ginjal adalah penyakit yang terjadi karena terbentuknya kumpulan mineral dan garam di dalam ginjal, kondisi ini dapat menyebar ke seluruh saluran kemih, hingga menyebabkan sumbatan.

Ukuran dari batu ginjal sendiri bervariasi, bisa dalam ukuran besar hingga beberapa inci. Penyakit ginjal ini dapat menyebabkan komplikasi, seperti infeksi.

7 Tanda-tanda Batu Ginjal yang Perlu Diperhatikan

Dalam laman RG Hospital (Urology & Laparoscopy Hospital)  disebutkan bahwa tanda utama dari batu ginjal adalah buang air kecil yang tidak teratur.

Berikut ini setidaknya tujuh tanda-tanda batu ginjal yang perlu diperhatikan dan butuh pemeriksaan lebih lanjut, yaitu:

1. Sakit perut, punggung, atau bagian samping

Penderita batu ginjal menyebutkan rasa sakit pada bagian perut, punggung, atau bagian samping bisa sangat parah, bahkan kerap disamakan dengan sakit saat persalinan. Tanda ini biasanya dirasakan saat batu ginjal mulai bergerak ke ureter, yang menyebabkan penyumbatan dan menekan ginjal.

Rasa sakit ini disebutkan dapat terjadi secara tiba-tiba dan berbeda dalam intensitasnya, juga bisa berlangsung selama beberapa menit. Akan tetapi digambarkan jika rasa sakit di punggung ini cenderung menyebar.

2. Nyeri saat buang air kecil

Perasaan nyeri saat buang air kecil dapat terjadi begitu batu mencapai titik persimpangan kandung kemih dan ureter, dengan sensasi yang tajam dan terbakar. Rasa nyeri ini digambarkan serupa dengan orang yang menderita infeksi saluran kemih.

3. Ada darah dalam urin

Tanda-tanda batu ginjal lainnya adalah ditemukan darah dalam urin, dari warna merah muda hingga coklat. Untuk memastikannya, ada tes khusus untuk menilai ada tidaknya darah dalam urin, karena terkadang tidak terlihat jelas secara kasat mata.

Baca Juga: Cara Mudah Mencegah Batu Ginjal, Rawat Ginjal Sehatmu Sekarang!