Find Us On Social Media :

Mitos dan Fakta Kanker Usus Besar, Ada yang Bilang Tidak Bisa Disembuhkan, Ternyata ...

Berikut ini macam-macam mitos dan fakta kanker usus, jangan lagi termakan informasi menakutkan.

GridHEALTH.id – Mengidap kanker usus bukanlah hal yang mudah untuk dilewati. Tidak dapat dipungkiri jika perasaan takut dan cemas seringkali menyebabkan keputus asaan.

Ditambah dengan maraknya informasi yang menyebutkan mengenai ganasnya kanker, hingga membuat pasien bertanya-tanya, bisakah sebenarnya kanker ini disembuhkan?

Sebelum berlarut dalam kesedihan dan informasi menakutkan, berikut ini mitos dan fakta kanker usus besar.

Mitos dan Fakta Kanker Usus Besar

Mitos 1: Tidak Ada Cara Pencegahan Kanker Usus yang Bisa Dilakukan, Selain Pasrah!

Faktanya, ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker usus, mulai dari perubahan gaya hidup dengan konsumsi makanan tinggi sayur dan buah, hingga rajin olahraga.

Dengan gaya hidup sehat, maka kesehatan usus pun dapat dijaga, apalagi jika dilakukan skrining, akan sangat membantu seseorang untuk mengenali lebih jauh risiko kanker ini.

Baca Juga: Kenali Penyebab Munculnya Kurap di Kulit dan Bahayanya Jika Dibiarkan

Mitos 2: Kanker Usus Berakibat Fatal

Anggapan ini bisa menjadi mitos, jika setiap kasus dapat terdeteksi sejak dini, maka kanker usus akan dapat diobati dengan lebih efektif, data menunjukkan lebih dari 90% pasien kanker usus lokal dapat bertahan hidup lebih dari lima tahun.

Sayangnya, masih banyak kasus kanker usus yang terdeteksi bukan pada tahap awal, mayoritas pasien yang datang sudah dengan kondisi kanker ini menyebar ke bagian tubuh lainnya, sehingga memerlukan pengobatan yang lebih untuk menghilangkannya.

Mitos 3: Skrining Hanya Untuk Orang dengan Gejala dan Memiliki Riwayat Keluarga

Anggapan ini adalah sebuah mitos, karena skrining menjadi hal yang sangat penting untuk menemukan adanya kanker usus, ditambah pada tahap awal seringkali kanker usus tidak menimbulkan gejala tertentu.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bukan hanya orang dengan gejala dan memiliki riwayat keluarga yang memerlukan skrining, tapi semua orang, dengan demikian peningkatan kualitas hidup lebih bisa didapat oleh setiap pasien.

Mitos 4: Kanker Usus adalah Penyakit Orang Kulit Putih

Mitos dan fakta kanker usus lainnya adalah mengenai orang kulit putih. Kanker usus bukanlah penyakit orang kulit putih atau pun pada pria, karena faktanya kanker usus memengaruhi semua ras dan wanita atau pun pria.

Salah satu rumah sakit kanker terbaik di dunia, Roswell Park menyebutkan faktor utamanya adalah usia, sehingga lebih dianjurkan untuk orang dengan usia di atas 40 tahun mulai rajin melakukan skrining kanker usus.