Find Us On Social Media :

Selama 4 Tahun Melawan Ganasnya Sel Kanker, Anak Denada Sudah Sembuh, Bisakah Pasien Kanker Darah Sembuh Total?

Anak Denada dinyatakan sembuh dari kanker darah, kenali lebih dalam mengenai ini dan kapan dinyatakan sembuh total?

GridHEALTH.id – Setelah berjuang selama empat tahun, Denada akhirnya menyampaikan berita menggembirakan mengenai anaknya yang dinyatakan sembuh dari penyakit kanker darah atau leukemia.

Sejak pertengahan tahun 2018, setelah Aisha, anak Denada didiagnosa menderita kanker darah, Denada pun kerap kali membagikan pengalamannya dan perjuangannya dalam mengupayakan kesembuhan anaknya. Kini Denada dapat bernapas lega.

Belajar dari pengalaman dan perjuangan Denada, mari mengenali lebih lanjut seperti apa kanker darah, benarkah bisa sembuh dan bagaimana mengetahui gejalanya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Anak Denada Dinyatakan Sembuh dari Kanker Darah

Lebih dari tiga tahun, anak dari Denada dan Jerry Aurum ini dinyatakan sembuh dari kanker usai menjalani beragam rangkaian perawatan di rumah sakit Singapura.

Melansir dari laman Parapuan.co (19/07/2022), Denada menceritakan gejala awal yang diderita putrinya, berawal dari demam hingga muncul banyak memar di tubuhnya.

"Demam aja, demam tinggi. Dikasih obat terus turun tapi habis ini tinggi lagi. Saat aku mandiin dia, aku lihat ada bruises (memar) di badannya. Yang mana bruises itu semakin hari semakin bertambah banyak. Muncul di daerah kaki, tangan, pinggang, banyak," cerita Denada.

Kondisi ini membuat Denada curiga dan memeriksakan anaknya ke dokter, hingga perlu menjalankan tes darah dan diagnosis yang mengarah pada leukemia. Inilah yang membuat Denada memutuskan untuk menindak lanjuti di Singapura.

"Terus mulailah dia demam. Barulah diketahui setelah dia ketemu sama dokter dan cek darah segala macem. Salah satu yang menyebabkan bruises atau biru-biru itu keluar ternyata karena kadar trombosit di tubuhnya itu rendah sekali pada saat itu. Barulah dirujuk ke dokter ahli darah dan mendapati kecurigaan leukemia itu dan kita bawa untuk tindak lanjut di Singapura," sambung Denada.

Setelah melewati masa-masa sulit dan kritis, Denada sempat tidak percaya bahwa anaknya dinyatakan tidak perlu lagi menjalani kemoterapi dan dinyatakan sembuh.

“Aku tahu banyak ibu-ibu lain mereka biasanya ada perayaan aja, aku tuh enggak, aku biasa aja, sampai selesai kemo aku cuma diem, aku samperin dokternya, 'Apakah bener ini terakhir kemo?', 'Yes yes' dia bilang gitu, 'no more kemo?',” cerita Denada yang sempat tak percaya.

Apa Itu Kanker Darah?

Kanker darah disebutkan menjadi salah satu jenis kanker yang umum diderita oleh anak dan remaja.

Baca Juga: Begini Sakitnya Tes Sumsum Tulang Belakang yang Dijalani Shakira Aurum