Find Us On Social Media :

Viral Bayi Meninggal Usai Minum Jamu Kencur dan Kecipir, Dokter Ingatkan Hanya Boleh Minum ASI

Bayi meninggal dunia setelah minum jamu.

GridHEALTH.id - Pengguna media sosial dibuat heboh dengan kisah viral bayi berusia 54 hari meninggal dunia setelah diberi obat tradisional saat sakit.

Diketahui bayi tersebut diberikan jamu tradisional yang terbuat dari bahan kencur dan kecipir.

Kronologi Bayi Meninggal Usai Minum Jamu

Dari unggahan yang beredar di Twitter, nampak bahwa kisah tersebut awalnya dibagikan oleh orangtua dari bayi tersebut di Facebook.

Lewat unggahan itu, disebutkan bahwa meskipun sempat melarang, tapi anggota keluarga yang lain tetap memberikan ramuan tradisional ke bayi tersebut.

"Alhasil anak aku sampai sesak napas dan kena infeksi paru. Aku mau bawa ke dokter tapi semua keluarga nggak ngizinin, katanya lebih baik pakai oabt tradisional," bunyi cuitan tersebut, dikutip dari Twitter, Selasa (17/1/2023).

Sayangnya, ketika dibawa ke rumah sakit kondisinya sudah terlambat. Nyawa bayi tersebut tidak bisa terselamatkan, walau dokter sudah melakukan berbagai upaya pertolongan.

"Pelajaran buat semua, kalau anak sakit mending langsung dibawa ke RS daripada harus pakai obat tradisional!" pungkasnya.

Bayi Tak Boleh Minum Selain ASI

Dokter spesialis anak Kurniawan Satria Denta, menegaskan bahwa seorang bayi yang usianya di bawah 6 bulan hanya boleh diberikan minum air susu ibu (ASI).

"Selain itu nggak boleh," kata dokter Denta, dikutip dari Kompas.com, Selasa (17/1/2023).

Jika diberikan susu formula pun, pemberiannya juga harus disesuaikan dengan usia anak.

Lebih lanjut, dokter Denta mengatakan, pemberian minuman di luar dua hal tersebut dapat membahayakan bayi.

 Baca Juga: Muncul Sisik Putih di Kepala Bayi, Itu Ketombe Ikuti Saran Dokter Berikut Ini