Find Us On Social Media :

Terjebak Macet di Jalan Selama 2 Jam Picu Kerusakan Otak, Fakta Penelitian Lainnya Lebih Menyeramkan dari Itu

Kemacetan penyebab kerusakan otak, simak hasil studinya dan cara mengurangi stres dari kemacetan lalu lintas.

GridHEALTH.id – Kemacetan lalu lintas sudah menjadi hal biasa yang dihadapi oleh banyak orang, khususnya pekerja di kota besar.

Sedihnya saat ini kondisi jalanan yang macet sudah menjamur hingga ke kota kecil.

Mengenai kemacetan ada hal yang harus diperhatikan. Sebab kemacetan bukan hanya mengenai jalanan yang stuck, tapi lebih dari.

Penelitian terbaru menunjukkan adanya kaitan kemacetan dengan penyebab kerusakan otak dan gangguan kesehatan lainnya, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Untuk lebih detailnya simak penjelasannya di bawah ini, dan tips untuk mengurangi stres akibat kemacetan lalu lintas.

Baca Juga: Akibat Penggunaan Gadget Berlebih, Begini Fisik Manusia di Tahun 3000, Buruk Sekali

Kemacetan Lalu Lintas di Indonesia

Kemacetan lalu lintas seolah sudah menjadi hal biasa yang dialami oleh masyarakat, yang ternyata bukan lagi hanya terjadi di wilayah Jabodetabek, namun juga sudah mulai menjamur ke kota-kota kecil lainnya.

Mobilitas pekerja yang tinggi membuat kemacetan lalu lintas tidak dapat dihindari, sejalan dengan pertumbuhan dan pertambahan penduduk yang cepat, serta urbanisasi besar-besaran, jelas Direktur Sarana Transportasi Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Danto Restyawan mengutip Kompas Otomotif (12/12/2022).

Kondisi ini didukung juga dengan pertumbuhan penggunaan kendaraan pribadi yang tidak bisa terkontrol, hingga membuat kesemrawutan lalu lintas, polusi, dan meningkatnya angka kecelakaan.

Untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas ini, lebih lanjut Kemenhub kembali mengajak masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

Ketahuilah jika kemacetan lalulintas tak kunjung diurai, maka yang rugi manusia, taruhan lainny ayang besar adalah kesehatan. Salah satunya kerusakan otak yang bisa disebabkan oleh kemacatan.

Baca Juga: 11 Isu Kesehatan Jadi Sorotan di 2023, Mulai Long Covid hingga Populasi Lanjut Usia yang Meningkat