Find Us On Social Media :

Mengapa Saat Puasa Malah Jarang Sakit? Padahal Makan Sehari 2 Kali dan Jam Tidur Berkurang

Puasa malah jarang sakit? Kenali alasannya dan manfaat puasa, hingga tips puasa yang baik.

GridHEALTH.id - Memasuki bulan puasa mayoritas masyarakat Indonesia sudah mulai bersiap untuk menjalankan puasa sebulan penuh.

Selain ibadah, puasa sebulan penuh itu ternyata mempunyai manfaat kesehatan mereka yang melakukannya.

Faktanya saat puasa Raman jadi jarang sakit kan?

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Melansir penjelasan dari ahli gizi UGM, R. Dwi Budiningsari, SP., M. Kes., Ph.D. dalam laman ugm.ac.id, puasa dikatakan bermanfaat pada sistem kekebalan tubuh atau imunitas, puasa bukan hanya sekedar menahan makan, minum, dan hawa nafsu, puasa juga memberikan efek yang luar biasa bagi kesehatan manusia.

Lebih lanjut dikatakan dengan puasa yang benar maka dapat memperbaiki jaringan-jaringan sel yang rusak. Berdasarkan penelitian lainnya, hal ini dapat terjadi karena dengan menghentikan aktivitas makan selama 12 jam, maka tubuh lebih fokus pada kemampuan untuk meregenerasi sel.

Baca Juga: Pengertian BPJS PBI, Begini Cara Mendaftarkan Kembali Jika Non-aktif

Bahkan dengan berpuasa selama 30 hari, bisa merangsang produksi sel-sel darah putih baru, yang mendasari adanya regenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini terbentuk karena rasa lapar yang memicu sel-sel induk dalam tubuh produksi sel darah putih.

Regenerasi sistem kekebalan tubuh diperlukan agar dapat memperkuat tubuh dalam menangkal infeksi bakteri maupun virus dan penyakit lainnya.

Manfaat puasa lainnya adalah detoksifikasi tubuh, karena selama puasa tubuh mendapatkan fase istirahat usus dan perut, yang bisa membantu mengeluarkan berbagai racun yang tersimpan dalam tubuh, seperti zat adiktif dalam makanan, seperti pengawet atau pewarna makanan.

Selain itu, puasa juga bisa mengurangi massa lemak tubuh. Dengan demikian keseimbangan sistem kekebalan tubuh dapat tetap terjaga.

Ketika tubuh memiliki lemak berlebih, maka akan memicu munculnya penyakit pembuluh darah dan masalah kesehatan lainnya, akibat produksi sel yang menyebabkan peradangan organ tubuh.

Baca Juga: Olahraga yang Baik untuk Penyandang Darah Rendah, Dijamin Anti Pusing dan Kelelahan!