Find Us On Social Media :

Inilah yang Menyebabkan Obat Kumur Bisa Menjadi Pemicu Darah Tinggi

Obat kumur bisa sebabkan hipertensi, zat satu ini penyebabnya.

GridHEALTH.id - Kita sepakat jika darah tinggi alias hipertensi adalah penyakir kronis yang mematikan, malah mendapat julukan the sillent killer.

Kita semua pun tentu sepakat, obat kumur penting bagi kesehatan mulut kita, jika digunakan dengan bijak dan tepat memilih obat kukur yang baik.

Tapi apakah kita tahu, obat kumur bisa menyebabkan penggunannya mengalami darah tinggi, atau lebih tepatnya tekanan darah tinggi.

Bahkan diketahui pula ada efek lainnya, yaitu penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke dan berbagai masalah kesehatan lain.

Untuk mengetahui kebenaran hal tersebut, bisa kita lihat dari studi di jurnal Free Radical Biology and Medicine, yang menyebutkan penggunaan obat kukur dua kali sehari bisa meningkatkan tekanan darah hingga 3,5 milimetes of mercury (mmHg).

Baca Juga: Tahun Ini Teknologi AI Menjadi Alat Bantu Medis, Bisa Digunakan Oleh Biasa Melalui Layar Ponsel

Nah, karena peningkatan tekanan darah itu maka memicu masalah kesehatan kronis lainnya, seperti yang disebutkan di atas, penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke dan berbagai masalah kesehatan lain.

Zat Kimia Obat Kumur

Menurut para peneliti dari Queen Mary University of London, dilansir dari Kompas.com (1/02/2014), yang melakukan studi tersebut, kandungan kimia dalam antiseptik dalam obat kumur membunuh bakteri baik yang berperan dalam relaksasi pembuluh darah.

Akibatnya, rutin menggunakan obat kumur antiseptik berisiko meningkatkan tekanan darah.

Dalam penelitiannya, tim peneliti yang dipimpinan Amrita Ahluwalia, meneliti efek obat kumur dengan mengukur tekanan darah 19 responden sehat selama dua minggu.

Selama riset yang berlangsung dua periode, yakni tujuh hari kontrol lalu diikuti tujuh hari perlakuan dengan antiseptik pencuci mulut, peneliti mencatat kapasitas penurunan nitrat dan kadar nitrit dalam rongga mulut. Itu terjadi dalam tiap periode riset.

Baca Juga: Nyeri Sendi Saat Bangun Pagi? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya