Find Us On Social Media :

Rahasia Manfaat Madu dan Kurma Untuk Kesehatan, Salah Satunya Menjaga Kadar Gula

Kenali berikut ini manfaat madu dan kurma yang baik untuk kesehatan.

GridHEALTH.id – Madu dan kurma, dua sumber makanan dengan rasa manis alami yang baik bagi tubuh dan disukai oleh sebagian besar orang.

Kenali berikut ini manfaat madu dan kurma untuk kesehatan dalam tubuh beserta kandungan dari masing-masing bahan ini. Bisa menjadi bahan alami untuk menjaga kadar gula dengan baik. Berikut ini ulasannya.

Kandungan Madu

Madu menjadi salah satu makanan tertua di dunia yang diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh, sehingga banyak yang memanfaatkan makanan ini sebagai bahan dasar dari berbagai masakan.

Makanan ini merupakan makanan yang dihasilkan dari spesies koloni lebah madu.

Fakta yang menarik disebutkan dalam laman Naturesville, madu tidak akan rusak selama disegel dalam toples, bahkan jika sudah ribuan tahun.

Asal tahu saja, madu mentah, yang belum diolah memiliki umumnya satu sendok makan (21gr) mengandung 64 kalori dan 17 gram gula, di mana kandungan di dalamnya memiliki kandungan mikronutrien (vitamin dan mineral) mulai dari kalsium, magnesium, mangan, niasin, fosfor, asam pantotenat, kalium, riboflavin, seng.

Selain itu menjadi asam amino, enzim, dan senyawa bermanfaat lainnya, termasuk sumber antioksidan yang baik seperti polifenol yang memiliki efek anti-inflamasi.

Kandungan Kurma

Kurma menjadi salah satu buah yang banyak ditemukan di Timur Tengah dan bagian Asia lainnya yang panas dan lembab.

Buah ini dipercaya sudah ada sejak sekitar 50 juta tahun lalu. Keberadaannya yang sudah ada sejak dahulu, membuat para ilmuwan dan pakar makanan mencari tahu kandungan kurma yang memberikan manfaat bagi kesehatan.

Buah ini disebut memiliki vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang tinggi, yang dapat mendukung kesehatan otak dan mencegah penyakit.

Ada tiga jenis antioksidan yang paling kuat dalam kurma, mulai dari flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik, sehingga baik untuk membantu mencegah penyakit kronis tertentu, seperti penyakit jantung, kanker, alzheimer, dan diabetes.

Selain itu, karena kurma juga menjadi sumber froktosa (gula alami pada buah), menyebabkan seseorang dapat mengganti gula putih dengan kurma, sekaligus mengontrol gula darah karena rasanya manis, bernutrisi, tinggi serat dan antioksidan.