Find Us On Social Media :

Kenali Gejala Awal Penyakit Jantung dan Cara Pencegahannya Sedini Mungkin

Gejala awal penyakit jantung yang perlu diketahui dan cara mencegahnya.

GridHEALTH.id - Masih menjadi penyakit tidak menular dengan tingkat kematian tinggi, setiap orang diimbau untuk memperhatikan kesehatan jantungnya.

Cermati dengan baik gejala awal penyakit jantung agar tidak terlambat mendeteksinya, sehingga bisa segera mendapatkan pertolongan. Di bawah ini uraian lengkapnya.

Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi istilah umum yang mencakup banyak jenis masalah jantung, bisa juga disebut dengan penyakit kardiovaskular, yaitu penyakit jantung dan pembuluh darah.

Gangguan pada jantung bisa mempengaruhi katup atau otot jantung, bisa juga karena penyempitan pembuluh darah, sehingga memengaruhi ritme dan fungsi kerja jantung.

Beberapa jenis penyakit jantung; penyakit jantung koroner atau arteri koroner, yang umum terjadi dan bisa terjadi dalam bentuk angina, serangan jantung, gagal jantung, hingga aritmia, dan penyakit jantung lainnya yang berkaitan dengan gangguan otot atau katup jantung.

Baca Juga: Kenapa Menstruasi Saya Lama, Kenapa Siklusnya Pendek? Ini Solusinya

Gejala Awal Penyakit Jantung

Berikut ini beberapa gejala awal penyakit jantung yang bisa dikenali sebagai bentuk kewaspadaan di tahap awal:

1. Nyeri dada

Ketidaknyamanan atau rasa sakit yang dirasakan sepanjang bagian depan tubuh, antara leher dan perut bagian atas. Kondisi ini sangat umum dan dikenal dengan angina.

Nyeri dada terjadi karena adanya penyumbatan aliran darah ke jantung dan hasilnya jantung tidak mendapatkan cukup darah atau oksigen.

Intensitas rasa nyeri dada bervariasi, beberapa orang mungkin merasakan sakit yang sangat menyakitkan, sementara yang lain hanya merasakan sedikit ketidaknyamanan. Ada juga yang merasakan dada terasa berat atau seperti ada yang meremas jantung.

Selain itu ada juga yang merasakan nyeri tajam dan membakar di dada. Seseorang mungkin merasakan nyeri di bawah tulang dada (sternum), atau di leher, lengan, perut, rahang, atau punggung atas.

Baca Juga: Lahirnya Paham Childfree yang Dipilih Gitasav, Kaitannya Bikin Awet Muda?