Find Us On Social Media :

Pentingnya Manfaat Edukasi dan Telemedicine Terbarukan Bagi Pasien Kanker untuk Kesembuhannya

Pentingnya layakanan telemedicine bagi pasien kanker untuk kesembuhannya.

GridHEALTH.id - Percayalah semua orang berisiko kanker. Karena di tubuh kita terdapat sel dengan DNA yang rusak. Ini berpotensi menjadi sel kanker.

Apa yang membuat sel dalam tubuh rusak? Tidak lain gaya hidup, genetik, dan virus, misal virus EBV (Epstein-Barr virus).

Nah, penyintas kanker dalam menjalani pengobatannya tidaki sebentar dan pendek. Tapi membutuhkan pengobatan jangka panjang, biaya yang besar, dan mental yang kuat.

Hal itu dikerenakan begitu banyak pemeriksaan yang harus dijalani pasien sebelum memulai proses pengobatan kanker.

Bahkan setelah pengobatan selesai, pasien kembali menjalani sejumlah pemeriksaan untuk memastikan bahwa tubuhnya sudah bersih dari kanker.

Baca Juga: Inilah Ciri-ciri Darah Rendah Kambuh dan Cara untuk Mengatasinya

Masih berlanjut, ketika pasien dinyatakan sembuh dari kanker, mereka tetap membutuhkan perawatan kesehatan.

Jadi prihal penyakit kanker ini tidak ada katalain meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kanker sangatlah penting.

Salah satu caranya melalui edukasi berupa artikel-artikel kesehatan dan yang terbarukan melalui telekonsultasi untuk memastikan gejala-gejala yang dirasakan pasien, sekaligus memberikan ketenangan dan rekomendasi untuk melakukan deteksi dini, pengobatan hingga perawatan lanjutan setelah selesai pengobatan.

Ketahuilah, studi terhadap pasien kanker di Singapura, Qatar, dan Amerika Serikat menunjukkan bahwa telemedicine dapat memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan mereka.

Pusat Kanker Nasional Singapura (the National Cancer Centre Singapore) menerapkan telekonsultasi sejak Juni 2020.

Baca Juga: Tidak Hanya di Indonesia, Luka Bakar Diobati Pakai Pasta Gigi, Begini Cara Mengobati yang Benar