Find Us On Social Media :

Perlu Diperhatikan! Penyintas Penyakit Ginjal Harus Menjauhi 3 Nutrisi ini

Agar tidak semakin buruk, inilah 3 nutrisi yang perlu dihindari untuk para penyintas penyakit ginjal

GridHEALTH.id - Tak semuanya baik, penting untuk diketahui ada tiga nutrisi yang harus dihindari oleh penyintas penyakit ginjal.

Penyakit ginjal kronis, juga disebut gagal ginjal kronis, melibatkan hilangnya fungsi ginjal secara bertahap.

Ginjal menyaring limbah dan cairan berlebih dari darah, yang kemudian dibuang melalui urin. Penyakit ginjal kronis tingkat lanjut dapat menyebabkan tingkat cairan, elektrolit, dan limbah yang berbahaya menumpuk di tubuh.Pada tahap awal penyakit ginjal kronis, mungkin memiliki sedikit tanda atau gejala.Perawatan untuk penyakit ginjal kronis berfokus pada memperlambat perkembangan kerusakan ginjal, biasanya dengan mengendalikan penyebabnya.

Baca Juga: Alhamdulillah Satu Pasien Suspek Gagal Ginjal Januari 2023 Dinyatakan Negatif, Ingat Jangan Asal Beli Obat dan Baca Label

Namun, bahkan mengendalikan penyebabnya mungkin tidak mencegah kerusakan ginjal berlanjut.

Penyakit ginjal kronis dapat berkembang menjadi gagal ginjal stadium akhir, yang berakibat fatal tanpa penyaringan buatan (dialisis) atau transplantasi ginjal.

Sebagian besar dari penyintas penyakit ginjal stadium lanjut, perlu dilakukan diet ramah ginjal.

Tujuannya untuk menghindari penumpukan bahan kimia atau nutrisi tertentu dalam darah yang dapat memperparah penyakit ginjalnya.

Mengutip Healthline, kebanyakan penderita ginjal tidak mampu secara memadai untuk membuang kelebihan zat, yang meliputi:

1. Natrium

Baca Juga: Berapa Lama Harus Menjalankan Cuci Darah Bagi Penyintas Penyakit Ginjal?

2. Kalium (potasium)